ANALISIS DAYA TARIK BLOGGER OTOMOTIF SEBAGAI KOMUNIKATOR PRODUK RODA DUA DI ERA DIGITAL

Heri Setiawan (2019) ANALISIS DAYA TARIK BLOGGER OTOMOTIF SEBAGAI KOMUNIKATOR PRODUK RODA DUA DI ERA DIGITAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TSK 07 19 Set a ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
TSK 07 19 Set a DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
TSK 07 19 Set a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TSK 07 19 Set a.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji daya tarik komunikator produk roda dua dalam sebuah komunikasi pemasaran di era digital yang melibatkan blogger. Dalam Komunikasi Pemasaran Terpadu diperlukan komunikator yang memiliki daya tarik, kredibel dan kapabel. Salah satu bentuk komunikator produk adalah pelibatan blogger sebagai influencer atau endorser. Blogger memiliki daya tarik (attractiveness) berupa daya tarik fisik, kesamaan (similiarity), keakraban (familiarity) dan kesukaan (likeability). Selain itu juga memiliki daya tarik konten blog dan desain blog yang mendukung sebagai media untuk komunikator produk roda dua. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan jenis deskriptif, pendekatan Studi Kasus dan etnografi virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik blogger sebagai komunikator produk dapat dikategorikan sebagai lay endorser atau typical person endorser. Meskipun secara realita keduanya merupakan famous blogger sehingga lebih tepat dikategorikan sebagai Celebrity Endorser atau minimal mikro seleb. Kedua famous blogger yakni tmcblog.com dan iwanbanaran.com memiliki daya tarik yang disebutkan di atas yakni daya tarik fisik, kesamaan (similiarity), keakraban (familiarity) dan kesukaan (likeability) serta konten blog dan desain blog yang menunjang dan mendukung sebagai komunikator produk roda dua di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 07/19 Set a
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, komunikator produk, sepeda motor, daya tarik, blogger, era digital.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Heri SetiawanNIM071714853027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria SaptyasariNIDN0030097202
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:29
Last Modified: 17 Dec 2019 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92710
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item