Personal Hygiene Pekerja Dalam Produksi Fillet Ikan Kakap Merah (Lutjanus Sanguineus) Di Pt. Alam Jaya Surabaya

Artha Afriga Tarihoran (2019) Personal Hygiene Pekerja Dalam Produksi Fillet Ikan Kakap Merah (Lutjanus Sanguineus) Di Pt. Alam Jaya Surabaya. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PKL.PK.THP.05-19 Tar p abstrak.pdf

Download (366kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PKL.PK.THP.05-19 Tar p daftar isi.pdf

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PKL.PK.THP.05-19 Tar p daftar pustaka.pdf

Download (385kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PKL.PK.THP.05-19 Tar p full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Personal hygiene merupakan kegiatan perawatan diri manusia dalam mempertahankan kehidupannya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai kondisi kesehatannya. Pemeliharaan personal hygiene diperlukan untuk kenyamanan diri sendiri untuk kelancaran proses produksi dalam pencegahan kontaminasi langsung produk. Kegiatan personal hygiene pekerja dilakukan sebelum mamasuki area produksi, proses produksi, hingga keluar dari area produksi. Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang di PT. Alam Jaya Surabaya adalah mengetahui secara langsung mengenai penerapan personal hygiene pekerja pada produksi fillet ikan kakap merah (Lutjanus sanguineus), mengetahui secara langsung personal hygiene pekerja terhadap kualitas fillet ikan kakap merah (Lutjanus sanguineus), dan mengetahui secara langsung kendala penerapan personal hygiene pekerja. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Alam Jaya Surabaya, pada tanggal 17 Desember 2018 – 31 Januari 2019. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah dengan pengambilan data secara langsung meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. PT. Alam Jaya telah menerapkan personal hygiene sesuai dengan standart personal hygiene yang terdiri dari kelengkapan pekerja (seragam, topi, masker, sepatu, dan celemek) dan fasilitas-fasilitas penunjang personal hygiene pekerja. Tahapan proses produksi fillet ikan kakap merah meliputi penerimaan bahan baku, pencucian ikan, penyortiran ikan, penimbangan ikan, pemfilletan, trimming (perapihan), pencucian fillet, penimbangan fillet, pengemasan primer, pemvakuman dan penyusunan long pan, pengemasan primer, penyimpanan cold storage.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKC KK PKL.PK.THP.05/19 Tar p
Uncontrolled Keywords: PERSONAL HYGIENE, PEKERJA, PRODUKSI, FILLET IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sanguineus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Artha Afriga TarihoranNIM141611233038
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShofy MubarakNIDN0011017301
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 01 Feb 2020 05:12
Last Modified: 01 Feb 2020 05:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item