UPAYA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA BERDASARKAN ANALISIS BRAND EQUITY

KENDRA WARDHANI K (2019) UPAYA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA BERDASARKAN ANALISIS BRAND EQUITY. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 50 19 Khr u ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
TKA 50 19 Khr u DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
TKA 50 19 Khr u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 50 19 Khr u.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Brand Equity sangat berperan dalam bisnis jasa pelayanan kesehatan, termasuk dalam fungsinya adalah untuk menarik pelanggan agar memanfaatkan fasilitas Pusat Layanan Kesehatan (PLK) Universitas Airlangga. Mahasiswa Universitas Airlangga mengetahui adanya PLK namun terdapat 48% belum pernah memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan yang diberikan PLK. Adapun alasan mahasiswa belum pernah memanfaatkan fasilitas antara lain karena lokasi yang jauh, pelayanan rumit dan tidak meyakinkan, takut dan belum pernah sakit selama menjadi mahasiswa aktif. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi pemanfaatan PLK Universitas Airlangga berdasarkan analisis Brand Equity. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di PLK Universitas Airlangga pada bulan November 2018 sampai dengan Januari 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Universitas Universitas Airlangga yang berjumlah 38.515 dengan besar sampel 381 yang didapat berdasarkan metode perhitungan simple random sampling. Variabel Independen penelitian yaitu Faktor konsumen (karakteristik individu yang meliputi usia, jenis kelamin, asal daerah, pendidikan, lama studi, asal fakultas) dan Brand Equity (brand awareness, brand association, dan brand loyalty). Variabel dependen penelitian adalah Kunjungan pasien ke PLK Universitas Airlangga. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas reliabilitas dan telah lolos kaji etik penelitian. Uji regresi linier dan uji regresi logistik digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Brand Equity PLK Universitas Airlangga termasuk dalam kategori baik (mean = 3,37). Brand awarenes PLK baik (mean=3,89), brand association PLK baik (mean=3,46), sedangkan dan brand loyalty masuk dalam kategori cukup (mean=2,77). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kunjungan pasien ke PLK Universitas Airlangga dipengaruhi brand equity (brand awareness, brand association, dan brand loyalty). Sub variabel brand equity yaitu brand association merupakan variabel yang paling besar mempengaruhi kunjungan ke PLK Universitas Airlangga. Oleh karena itu, perlu meningkatkan dan mempertahankan brand awareness, brand association, dan brand loyalty PLK Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 50/19 Khr u
Uncontrolled Keywords: brand association, brand awareness, brand equity, brand loyalty, Kunjungan, Klinin Pratama
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
KENDRA WARDHANI KNIM101514453027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus SupriyantoNIDN0016094902
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:56
Last Modified: 18 Dec 2019 07:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item