PENGARUH EDUKASI FACE TO FACE BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU TERKONTROL PASIEN ASMA

ARUM RAHMAWATI VIRGIN (2019) PENGARUH EDUKASI FACE TO FACE BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU TERKONTROL PASIEN ASMA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 59 19 Vir p ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
TKP 59 19 Vir p DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
TKP 59 19 Vir p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 59 19 Vir p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kontrol asma merupakan faktor yang penting dalam jangka panjang pengobatan asma. Pengetahuan akan perilaku terkontrol merupakan sebuah tindakan yang harus dilakukan untuk kepatuhan pengobatan pasien asma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi edukasi Face to Face berbasis Theory of Planned Behavior terhadap perilaku terkontrol pasien asma. Metode: Quasy Experiment studi dilakukan di 64 pasien asma di Poli Paru RSUD Dr. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan intervensi edukasi Face to Face berbasis TPB selama 1 bulan. Uji statistik yang digunakan adalah paired t test dan uji manova Hasil: Hasil uji paired t test terdapat perbedaan nilai mean yang bermakna diantara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan pada variabel attitude toward behavior (p=0,000), subjective norm (p=0,000), perceived behavior control (p=0,000), intention (p=0,000). Uji regresi linier berganda didapatkan menujukkan adanya pengaruh secara signifikan atau simultan niat terhadap perilaku terkontrol pasien asma (p=0,000) dengan hasil parsial attitude toward behavior 0.000, subjective norm 0,005, perceived behavior control 0.087. Uji manova didapatkan menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan atau simultan terhadap variabel terkontrol pasien asma (p=0,000) dengan partial eta 0,557, hasil parsial pada Inhaler 0.000, alergen 0.004, lingkungan 0.000, respon 0.523 dan kontrol asma 0.021 Kesimpulan: Intervensi edukasi berbasis Theory of Planned Behavior memiliki pengaruh dalam meningkatkan attitude toward behavior, subjective norm, perceived behavior control, intention, dan perilaku terkontrol pasien asma

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 59/19 Vir p
Uncontrolled Keywords: asma, kontrol asma, Theory of Planned Behavior, Face to Face education
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ARUM RAHMAWATI VIRGINNIM131714153069
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad AminNIDN8804680018
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:04
Last Modified: 20 Dec 2019 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item