PENGEMBANGAN JENJANG KARIR PERAWAT BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGITERHADAP KINERJA PERAWAT BAGIAN KRITISDI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

JAJUK RETNOWATI (2019) PENGEMBANGAN JENJANG KARIR PERAWAT BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGITERHADAP KINERJA PERAWAT BAGIAN KRITISDI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 62 19 Ret p ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
TKP 62 19 Ret p DAFTAR IIS.pdf

Download (55kB)
[img] Text
TKP 62 19 Ret p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 62 19 Ret p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan:Penataan jenjang karir perawat sangat penting untuk menjaga mutu profesi keperawatan. Keberhasilan sistem kredensial akan semakin sempurna bila disertaidengan penataan/penempatan tenaga keperawatan sesuai dengan level JK dan tingkat kebutuhan penerima layananan keperawatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi jenjang karir perawat berbasis informasi teknologi terhadap kinerja perawat bagian kritis di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.Metode:Penelitian ini menggunakan desain studi kuantitatif dengan data deskriptif perawat yang disusun untuk membuat instrumen jenjang karier perawat,focus group discussion dan konsultasi pakar Hasil: Berdasarkan evaluasi data pegawai dalam satu unit yang terkait jenjang karir perawat maka untuk pelaksanaan penentuan level jenjang karir perawat memerlukan penataan kembali yaitu berdasarkan peraturan permenkes 40 tahun 2017, untuk memperbaiki pengaturan jenjang karir perawat peneliti membuatberbasis sistem informasi teknologi. Dengan berbasis IT maka lebih mudah untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala dan para perawat juga mampu mempersiapkan diri untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan di level yang akan dicapai serta mempersiapkan diri untuk uji kredensial sesuai levelnya. Peneliti juga memverifikasi hasil entry data responden untuk menilai hasil akhir jenjang karirnya dan kapan dapat diajukan proses kredensial.Kesimpulan:Pelaksanaan pengembangan jenjang karir perawat berbasis informasi teknologi dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kendala utamanya tentang CPD/sertifikasiyang selama ini didapatkan baik dari rumah sakit atau seminar dan workshop. Sehingga diperlukan koordinasi dengan berbagai pihak agar jenjang karir perawat dapat lebih baik dan mampu memperbaiki kinerja perawat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 62/19 Ret p
Uncontrolled Keywords: Jenjang Karir Perawat, kinerja,IT
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
JAJUK RETNOWATINIM131714153084
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnantoNIDN0029086803
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:21
Last Modified: 20 Dec 2019 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item