PENGEMBANGAN MODEL PEMBERDAYAAN CAREGIVER DALAM MERAWAT LANSIA SKIZOFRENIA

ROUDLOTUL JANNAH (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBERDAYAAN CAREGIVER DALAM MERAWAT LANSIA SKIZOFRENIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (70kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.15-19 Jan p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Caregiver keluarga yang merawat lansia skizofrenia merasakan beban pengasuhan yang cukup tinggi, keberadaan lansia skizofrenia dalam sebuah keluarga menuntut keluarga memiliki kemampuan merawat pasien, sementara perawatan lansia skizofrenia bukan permasalahan yang mudah. Keluarga sebagai pengasuh utama menghadapi stresor dan beban perawatan yang berdampak terhadap kualitas dan hasil pengasuhan (caregiver outcomes). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pemberdayaan caregiver dalam merawat lansia skizofreniaMetode: penelitianexplanative studydengan desain cross sectional. Sampel penelitian caregiver yang mendampingi lansia skizofrenia berobat ke Poli Psikogeriatri RSJ Lawang Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor caregiver keluarga, faktor lansia skizofrenia, filial values, resources, appraisal dan caregiver outcomes. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEMPLS). Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor caregiver keluarga (status kekeluargaan, pendapatan, self efficacy, dan pengetahuan) berpengaruh signifikan terhadap filial values (t=3.44), appraisal (t=2.70) dan caregiver outcomes (t=3.78). Faktor lansia skizofrenia (kekambuhan, keparahan dan ketergantungan) berpengaruh signifikan terhadap appraisal (t=4.06). Filial values dengan ketiga indikatornya (responsibility, respect dan care) berpengaruh signifikan terhadap appraisal (t=2.25) dan resources (t=2.75). Resouces (personal, family dan community) berpengaruh signifikan terhadap caregiver outcomes (t=2.40) dan appraisal berpengaruh signifikan terhadap caregiver outcomes (t=3.15). Diskusi dan kesimpulan: pengembangan model pemberdayaan caregiver dalam merawat lansia skizofrenia dibangun dengan mengintegrasikan teori caregiver empowerment dan teori family centered nursing. Faktor yang berkontribusi terhadap pemberdayaan secara langsung diantaranya faktor caregiver keluarga (penghasilan, status kekeluargaan, self efficacy dan pengetahuan), resources dan appraisal. Faktor lansia skizofrenia berkontribusi terhadap appraisal sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi caregiver outcomes.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.15-19 Jan p
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, caregiver, skizofrenia, lansia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ROUDLOTUL JANNAHNIM131714153063
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni HaryantoNIDN0008066305
Thesis advisorYanis KartiniUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Dec 2019 04:27
Last Modified: 20 Dec 2019 04:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92952
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item