EVALUASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN DANA DESA MELALUI DESA WISATA AGRO GUNA MENCIPTAKAN SUSTAINABLE LOCAL DEVELOPMENT

CHRISTINA TITYANDA PUTRI (2019) EVALUASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN DANA DESA MELALUI DESA WISATA AGRO GUNA MENCIPTAKAN SUSTAINABLE LOCAL DEVELOPMENT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 10 19 Put e ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
TKP 10 19 Put e DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
TKP 10 19 Put e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 10 19 Put e.pdf
Restricted to Registered users only until 23 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur dalam rangka mengembangkan desa wisata agro guna menciptakan sustainable local development. Keberhasilan Pujon Kidul membangun dan mengembangkan desa wisata agro meraih penghargaan nasional dalam konteks desa yang mandiri. Sinergi seluruh elemen desa dalam memanfaatkan Dana Desa merupakan kerja bersama dalam menggali potensi lokal yang menjadi daya saing pedesaan decara berkelanjutan. Perwujudan Dana Desa guna mendorong pembangunan desa-desa mandiri dan berkelanjutan dengan memiliki ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Besarnya alokasi anggaran untuk membangun Indonesia dari skala kecil, yakni desa menumbuhkan kebangkitan dan gairah kreatifitas dan inovasi di segenap elemen desa. Salah satu Desa di Kabupaten Malang menjadi rujukan “desa membangun” melalui pengembangan desa wisata agro. Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa dan PDTT, bahwa Dana Desa diperuntukkan untuk prioritas pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, teknik pengumpulan data dihasilkan dengan wawancara mendalam dengan 26 orang informan serta observasi lapangan. Dari hasil reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan dapat didapati hasil penelitian berhasil membawa perubahan bagi masyarakat setempat. Kreatifitas Desa Pujon Kidul gayung bersambut dengan adanya Dana Desa sehingga melahirkan berbagai unit dalam BUMDesa sebagai buah kepemimpinan sang kepala desa dan suportifitas masyarakat desa. Dari keenam kriteria evaluasi kebijakan yakni efektifitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsifitas dan ketepatan didapati penggunaan Dana Desa pada bidang prioritas pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan. Kriteria masih timpang adalah besarnya porsi pembangunan dibandingkan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKP 10/19 Put e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan Dana Desa, Desa Wisata Agro, Pembangunan Lokal Berkelanjutan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
CHRISTINA TITYANDA PUTRINIM071724353016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro WardiantoNIDN0024126104
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:21
Last Modified: 23 Dec 2019 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item