PENGEMBANGAN MODEL KEPERAWATAN SISTEM DUKUNGAN KELUARGA PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

ICCA PRESILIA ANGGREYANTI (2019) PENGEMBANGAN MODEL KEPERAWATAN SISTEM DUKUNGAN KELUARGA PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.23-19 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Hasil wawancara lima lansia yang mengalami hipertensi, jika tekanan darah meningkat mengalami tanda dan gejala yaitu sakit kepala, kelelahan, nafas kadang terengah-engah, dan pandangan mata kabur. Tanda dan gejala tersebut dapat mengganggu aktivitas lansia. Lansia mengungkapkan bahwa keluarga jarang mengingatkan untuk kontrol, minum obat, mengantarkan jika periksa, dan kurang perhatian dengan kesehatan lansia. Hasil wawancara dari lima keluarga lansia di Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang, lansia sulit untuk minum obat secara teratur, dan kontrol tekanan darah secara rutin. Lansia seringkali mengabaikan penyuluhan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan setempat tentang diet, dan olahraga ringan untuk menstabilkan tekanan darah. Metode: jenis penelitian obsevasional study dengan desain cross sectional. Sampel lansia dengan hipertensi yang tinggal satu rumah dengan keluarga di wilayah kerja Puskesmas Gondanglegi kabupaten Malang. Sampel 225 lansia dan satu anggota keluarga yang tinggal bersama satu atap rumah. Variabel independen adalah faktor sosial yang terdiri dari: usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan, faktor informasi terdiri dari: pengetahuan dan pengalaman, faktor fungsi dan struktur keluarga, dan faktor interaksi lansia-keluarga. Variabel dependen adalah sistem dukungan keluarga. Pengumpulan data dari dokumen Puskesmas dan data dari Posyandu setempat, dengan pengukuran tekanan darah responden yang dilakukan oleh peneliti. Analisis data menggunakan SEM PLS. Hasil: Faktor sosial (usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaa), faktor informasi (pengetahuan, dan pengalaman), struktur keluarga, dan interaksi lansiakeluarga berpengaruh pada sistem dukungan keluarga dengan nilai R-square Filial Values bernilai 0,392 atau 39,2%. Diskusi dan kesimpulan: Model keperawatan sistem dukungan keluarga terdiri dari faktor sosial, informasi, fungsi dan struktur keluarga, dan interaksi lansia-keluarga menunjukkan pengaruh terhadap sistem dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.23-19 Ang p
Uncontrolled Keywords: hipertensi, lansia, dukungan keluarga, model
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ICCA PRESILIA ANGGREYANTINIM131714153053
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni HaryantoNIDN0008066305
Thesis advisorPuji AstutiUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:55
Last Modified: 26 Dec 2019 07:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item