PENGARUH HEALTH EDUCATION (ENCOUNTER GROUP DISCUSSION DAN DAILY JOURNAL BERBASIS ANDROID) TERHADAP SELF-EFFICACY, KEPATUHAN DIET DAN CAIRAN, SERTA IDWG PADA PASIEN CKD YANG MENJALANI HEMODIALISIS

ADELIA ROCHMA (2019) PENGARUH HEALTH EDUCATION (ENCOUNTER GROUP DISCUSSION DAN DAILY JOURNAL BERBASIS ANDROID) TERHADAP SELF-EFFICACY, KEPATUHAN DIET DAN CAIRAN, SERTA IDWG PADA PASIEN CKD YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (39kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.27-19 Roc p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Rendahnya kepatuhan terhadap diet dan pembatasan cairan pada pasien CKD yang menjalani hemodialisis dapat megakibatkan komplikasi seperti penyakit jantung, gangguan fungsi kognitif, peningkatan hospitalisasi dan mortalitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Health Education (Encounter Group Discussion dan Daily Journal Berbasis Android) terhadap Self-Efficacy, Kepatuhan Diet dan Cairan, serta IDWG pada Pasien CKD yang Menjalani Hemodialisis. Metode: Desain penelitian Factorial True Experiment yang menggunakan desain randomized control group-pretest posttest design. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah encounter group discussion dan daily journal berbasis android, sedangkan variabel terikatnya adalah self-efficacy, kepatuhan diet dan cairan serta IDWG. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuisioner CKD-SE dan kuisioner kepatuhan diet dan cairan. Penelitian ini menggunakan 4 kelompok, sehingga besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 108. Encounter group discussion merupakan metode diskusi yang bertjuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anggotanya. Daily journal merupakan suatu aplikasi berbasis android yang berfungsi untuk mencatat intake dan output cairan serta diet dalam satu hari. Uji statistik menggunakan paired t test dan MANOVA two way. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa Health Education (Encounter Group Discussion dan Daily Journal Berbasis Android) berpengaruh terhadap peningkatan self efficacy (p=0,000), kepatuhan diet dan cairan (p=0.000), dan menurunkan IDWG (P=0.000). Kesimpulan: Health Education (Encounter Group Discussion dan Daily Journal Berbasis Android) berpengaruh terhadap peningkatan Self-Efficacy, Kepatuhan Diet dan Cairan, serta penurunan IDWG pada Pasien CKD yang Menjalani Hemodialisis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.27-19 Roc p
Uncontrolled Keywords: Health Education, Hemodialisis, Aplikasi Android, Self-Efficacy, Kepatuhan Diet dan Cairan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM214-258 Diet therapy. Dietary cookbooks
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ADELIA ROCHMANIM131714153009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnantoNIDN0029086803
Thesis advisorSuprajitnoUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Dec 2019 01:13
Last Modified: 27 Dec 2019 01:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item