Pengaruh Brand Equity Dan Perceived Price Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Internasional)

Bram Caesareo Januar Putra (2019) Pengaruh Brand Equity Dan Perceived Price Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Internasional). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (390kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2023.

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2023.

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2023.

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2023.

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2023.

Download (610kB) | Request a copy
Official URL: https://www.library@lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand equity dan perceived price terhadap purchase intention konsumen pada penerbangan internasional maskapai garuda indonesia. Purchase intention merupakan sebuah kemungkinan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen atas suatu produk atau jasa yang ditawarkan (Schiffman & Kanuk, 2008). Brand equity didefinisikan sebagai seperangkat aset dan liabilitas merek yang dikaitkan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi dari nilai yang diberikan oleh suatu produk atau layanan kepada perusahaan dan / atau kepada pelanggan perusahaan tersebut (Aaker, 1991). Perceived price adalah kecenderungan konsumen untuk memberikan penilaian subjektif atas harga suatu produk ataupun jasa yang akan dibeli (Burton, Lichtenstein, Netemeyer, & Garretson, 1998). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatoris yaitu untuk menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa dan membentuk, memperdalam, mengembangkan, atau menguji sebuah teori (Neuman, 2014). Penelitian ini dilakukan pada konsumen penerbangan internasional di Indonesia sebanyak 111 orang dengan alat ukur customer-based brand equity scale oleh Yoo dan Donthu (2001), consumer perceived price scale oleh Chen dan Sadeque (2007), dan skala purchase intention yang telah dikembangkan oleh Maunaza (2012). Ketiga alat ukur ini telah valid dan reliabel. Reliabilitas kedua alat ukur ini adalah 0,704 untuk customer-based brand equity scale, 0,725 untuk consumer perceived price scale, dan 0,838 untuk skala purchase intention. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand equity secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap purchase intention. Analisis lanjutan pada masing-masing dimensi brand equity, ditemukan dimensi brand loyalty merupakan diimensi yang paling berpengaruh dibanding dimensi brand equity lainnya. Sedangkan berdasarkan hasil analisis penelitian, diketahui bahwa variabel perceived price tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Hasil analisis lanjutan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perceived price pada sampel berdasarkan kelomopok pekerjaan dan jumlah penghasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 257-19 Put p
Uncontrolled Keywords: brand equity, perceived price, purchase intention, penerbangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Bram Caesareo Januar PutraNIM111511133023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCholichul HadiNIDN0023036405
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:42
Last Modified: 21 Jan 2020 07:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93613
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item