Rizky Rizaldi Nanda Satya (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (205kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI .pdf Download (52kB) |
|
Text
3. ABSTRAK .pdf Download (80kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (91kB) |
|
Text
5. BAB II TINJUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (121kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (109kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (25kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (63kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (973kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dari keluarga dan teman, problematic internet use, attitude toward cyberbullying, dan self-esteem dengan cyberbullying pada mahasiswa remaja akhir. Penelitian ini dilakukan karena masa remaja merupakan masa di mana terdapat transformasi dalam berhubungan dengan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan yang dapat meningkatkan gejolak emosi. Remaja dikhawatirkan akan memiliki perilaku agresi, salah satunya adalah bullying. Saat ini remaja banyak menggunakan internet, di mana selain memberi kemudahan akses, internet dapat mendorong perubahan perilaku bullying menjadi cyberbullying. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan cyberbullying. Penelitian ini dilakukan pada 193 mahasiswa remaja akhir (usia 18-21 tahun). Alat ukur yang digunakan adalah adaptasi dari instrumen cyberbullying milik Tudkuea & Laeheem (α = 0.919), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (α = 0.925), Questionnaire of The Frequency and Satisfaction with Social Support (α = 0.899), The Problematic and Risky Internet Use Scale (α = 0.888), Attitude Toward Cyberbullying Measurement (α = 0.860), dan Rosenberg Self-Esteem Scale (α = 0.8587). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis hubungan Bivariate Pearson Correlation dan Bivariate Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan dukungan sosial dari keluarga, problematic internet use, attitude toward cyberbullying, dan self-esteem memiliki hubungan terhadap cyberbullying dan tidak ditemukan hubungan antara dukungan sosial dari teman
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi 12/20 Sat f | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Late Adolescence; Percieved Social Support; Problematic Internet Use; Attitude Toward Cyberbullying; Self-Esteem; Cyberbullying | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2020 01:39 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2020 01:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93806 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |