Amalia Shabrina (2019) Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Perilaku Penemuan Informasi Siswa Sma Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (237kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 12 March 2023. Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only until 12 March 2023. Download (398kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV INTEPRETASI DAN DISKUSI TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 12 March 2023. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 12 March 2023. Download (85kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 March 2023. Download (595kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis menjadi hal yang penting untuk diterapkan oleh siswa pada abad ke-21 ini, salah satunya yaitu diterapkan dalam penemuan informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi akademik maupun non-akademik. Melihat saat ini merupakan era informasi dengan begitu banyak informasi yang tersedia setiap harinya. Sumber informasi yang tersedia pun juga sangat beragam dengan berbagai perspektif, hal ini terjadi disebabkan oleh kemudahan teknologi informasi untuk mengedit dan menyebarluaskan kembali informasi. Banyaknya sumber dan informasi yang beragam membuat proses penemuan informasi menjadi tidak sederhana khususnya bagi siswa yang juga didorong oleh kebutuhan informasi, dimana kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini siswa dituntut untuk lebih mampu belajar mandiri dalam memahami materi pelajaran. Hal tersebut menjadikan siswa membutuhkan lebih banyak informasi dan sumber bacaan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam agar mampu memahami dengan baik. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap perilaku penemuan informasi siswa. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh berpikir kritis (X) terhadap perilaku penemuan informasi siswa (Y), hal tersebut diketahui berdasarkan hasil thitung (13,703) > ttabel (1,986) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Artinya, H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara berpikir kritis terhadap perilaku penemuan informasi siswa. Berdasarkan hasil uji analisis regresi memiliki nilai koefisien 0,505, yang berarti keduanya memiliki hubungan yang positif sehingga apabila terjadi peningkatan pada variabel X maka pada variabell Y juga akan mengalami peningkatan, begitupula sebaliknya. Besarnya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 65,7% sedangkan sisanya 34,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji analisis determinasi (R2).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.IIP 14/20 Sha p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, perilaku penemuan informasi, siswa | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 02:31 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 02:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94986 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |