Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory

Fajrianthi and Wiwin Hendriani and Berlian Gressy Septarini (2016) Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (1). pp. 45-55. ISSN 2338-6061

[img] Text (FULL TEXT)
6_Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory_6304-24374-1-PB.pdf

Download (507kB)
[img] Text (PEER REEVIEW)
6_Peer Review_Fajrianthi_Pengembangan Tes Berpikir Kritis.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY)
Turnitin_6_Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alat ukur (tes) berpikir kritis yang valid dan reliabel untuk digunakan, baik dalam lingkup pendidikan maupun kerja di Indonesia. Tahapan penelitian dilakukan berdasarkan tahap pengembangan tes menurut Hambleton dan Jones (1993). Kisi-kisi dan pembuatan butir didasarkan pada konsep dalam tes Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA). Pada WGCTA, berpikir kritis terdiri dari lima dimensi yaitu Inference, Recognition Assumption, Deduction, Interpretation dan Evaluation of arguments. Uji coba tes dilakukan pada 1.453 peserta tes seleksi karyawan di Surabaya, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Rembang. Data dikotomi dianalisis dengan menggunakan model IRT dengan dua parameter yaitu daya beda dan tingkat kesulitan butir. Analisis dilakukan dengan menggunakan program statistik Mplus versi 6.11 Sebelum melakukan analisis dengan IRT, dilakukan pengujian asumsi yaitu uji unidimensionalitas, independensi lokal dan Item Characteristic Curve (ICC). Hasil analisis terhadap 68 butir menghasilkan 15 butir dengan daya beda yang cukup baik dan tingkat kesulitan butir yang berkisar antara –4 sampai dengan 2.448. Sedikitnya jumlah butir yang berkualitas baik disebabkan oleh kelemahan dalam menentukan subject matter experts di bidang berpikir kritis dan pemilihan metode skoring

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan tes, berpikir kritis, item response theory
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Industri dan Organisasi
Creators:
CreatorsNIM
FajrianthiNIDN0008036803
Wiwin HendrianiNIDN0002117802
Berlian Gressy SeptariniNIDN0005098002
Depositing User: Tn Nur Qomari
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:31
Last Modified: 02 Jun 2020 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/95550
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item