Laily Nur Fitria (2019) Analisis Wacana Kritis Pada Iklan Kampanye Partai Solidaritas Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (866kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II KERANGKA TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 26 June 2023. Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 June 2023. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 June 2023. Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 June 2023. Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 June 2023. Download (304kB) | Request a copy |
Abstract
Iklan kampanye Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang muncul pada pemilu 2019 memiliki strategi yang berbeda dari iklan kampanye partai atau politik lainnya. Keunikan atau Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan tanda-tanda linguistik yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas struktur mikro yang mencakup penggunaan tanda-tanda linguistik pada iklan kampanye PSI dan analisis kognisi sosial serta konteks sosial pada iklan tersebut. Penelitian ini memanfaatkan teori analisis wacana model van Dijk dalam melakukan pembahasan dan pemaparan data yang telah diperoleh. Dalam pembahasan dan pemaparan data, penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Dengan memanfaatkan analisis wacana kritis model van Dijk data iklan kampanye PSI dikelompokkan menjadi empat data. Data pertama merupakan kumpulan iklan kampanye yang disajikan secara monolog dengan berbagai versi. Sementara iklan kampanye berbentuk drama atau sandiwara singkat menjadi data kedua, ketiga, dan keempat. Analisis wacana kritis terkait strategi tanda-tanda linguistik, meliputi analisis stilistik (leksikon), sintaksis, semantik, dan retoris. Hasil analisis tanda-tanda linguistik dari segi stilistik menunjukkan terdapat penggunaan kata atau istilah kekinian dan beberapa kata lain. Dari segi sintaksis menunjukkan penonjolan subjek pada kalimat aktif, konjungsi, dan preposisi. Dari segi semantik menunjukkan upaya pembentukan konsep pemimpin dan citra kekinian. Dari segi retoris menunjukkan penggunaan huruf-huruf yang dicetak tebal sebagai penegasan. Sementara analisis makna tanda-tanda linguistik meliputi analisis kognisi sosial dan konteks sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan penggunaan tanda-tanda linguistik bermakna persuasif dan membentukan citra partai dan individu tertentu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI 08/ 20 Fit a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Campaign advertising, PSI, critical discourse analysis, van Dijk, and linguistic signs. | ||||||
Subjects: | P Language and Literature | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2020 08:42 | ||||||
Last Modified: | 26 Jun 2020 08:42 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96002 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |