Persepsi Konsumen Terhadap Beauty Advisor Lakilaki Produk Makeup Di Surabaya

Bayu Mahardika (2020) Persepsi Konsumen Terhadap Beauty Advisor Lakilaki Produk Makeup Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (478kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 13 July 2023.

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA)
6. BAB III ANALISIS DAN INTEPRETASI DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 13 July 2023.

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 13 July 2023.

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (146kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 July 2023.

Download (902kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada persepsi konsumen terhadap beauty advisor laki-laki produk makeup di Surabaya. Objek dalam penelitian ini merupakan konsumen yang pernah berinteraksi secara langsung dengan beauty advisor laki-laki produk makeup. Beauty advisor merupakan bagian terdepan dari perusahaan yang menghubungkan anatara perusahaan dengan konsumen. Produk makeup dalam beberapa budaya dan lingkungan sosial dinilai sebagai produk yang banyak dihubungkan dengan perempuan, dan dikelompokkan kedalam kategori feminine product yakni produk yang banyak dihubungkan dengan femininitas. Fenomena beauty advisor laki-laki pada produk makeup menjadi menarik untuk diteliti karena terdapat ketidaksesuaian antara makeup yang dinilai sebagai produk feminin dengan hadirnya laki-laki sebagai beauty advisor dan menjadi bagian dari produk tersebut. Sehingga fokus penelitian ini terdapat pada bagaimana persepsi yang dimiliki oleh konsumen terhadap beauty advisor lakilaki produk makeup. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan informan terkait dan melalui observasi langsung oleh peneliti. Tinjauan pustaka didukung dengan teori persepsi konsumen menurut Schiffman dan Kanuk. Persepsi konsumen dikelompokkan kedalam tiga sub analisis yakni persepsi konsumen terhadap beauty advisor laki-laki sebagai sales force, persepsi konsumen terhadap performance dari beauty advisor laki-laki dan beauty advisor laki-laki sebagai sebuah profesi. Hasil temuan menunjukan bahwa persepsi konsumen terhadap beauty advisor laki-laki produk makeup beragam berdasarkan latar belakang pekerjaan, nilai-nilai personal yang diyakini, dan ketertarikan terhadap produk. Selain itu juga terdapat faktor-faktor lain yang melekat pada diri beauty advisor laki-laki seperti penampilan fisik, sikap dan penggunaan bahasa atau pilihan kata ketika berkomunikasi yang memberi pengaruh terhadap proses terbentuknya persepsi konsumen. Beauty advisor laki-laki dipersepsi oleh konsumen lebih luwes serta dapat menyesuaikan diri. Beauty advisor laki-laki juga dipersepsi memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan memiliki penilaian yang obyektif serta mampu memberi perspektif baru mengenai penggunaan produk makeup. Konsumen masih menganggap bahwa beauty advisor merupakan profesi yang banyak dilakukan oleh perempuan, sehingga dalam beauty advisor sebagai profesi, konsumen cenderung melakukan perbandingan terhadap laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 15/20 Mah p
Uncontrolled Keywords: consumer perception, beauty advisor, feminine product, makeup, profession
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Bayu MahardikaNIM071511533074
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna SariNIDN0013068301
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:58
Last Modified: 15 Jul 2020 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item