Hubungan Self-Esteem Dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Instagram

Yosevi Mega Zenita (2019) Hubungan Self-Esteem Dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Instagram. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (344kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (422kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK .pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2023.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2023.

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2023.

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2023.

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2023.

Download (598kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self-esteem dengan presentasi diri pada pengguna Instagram. Presentasi diri didefinisikan sebagai sebuah upaya perilaku yang dikendalikan secara strategis dimana orang dengan sengaja mencoba memproyeksikan citra diri atau identitas yang diinginkan kepada orang lain (Tyler, 2012). Presentasi diri dalam penelitian ini merupakan presentasi diri yang terjadi pada ruang lingkup Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan skala Self-Esteem milik Rosenberg (1965) yang sudah ditranslasi oleh Azwar (2018) serta skala Presentasi Diri yang disusun oleh Yang dan Brown (2016). Penelitian ini melibatkan 165 pengguna aktif Instagram yang ada di kota Surabaya dan berusia 18-29 tahun. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi antara selfesteem dengan presentasi diri pada pengguna Instagram sebesar 0,003 dengan koefisien korelasi sebesar 0,233. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara self-esteem dengan presentasi diri pada pengguna Instagram. Semakin tinggi self-esteem maka semakin tinggi presentasi diri pada pengguna Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.64-20 Zen h
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, Harga Diri, Presentasi Diri, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Yosevi Mega ZenitaNIM1114111301010
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIke HerdianaNIDN0022057505
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 26 Jul 2020 13:20
Last Modified: 26 Jul 2020 13:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item