Rizky Boy Arfa (2020) Antesedenperilaku Brand Tribalism Dengan Konsekuensi Hasil Behavioral Intention Pada Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Rising Force Online. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (653kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) |
|
Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (582kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (782kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (847kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam mengikat dan mempertahankan konsumen, penting untuk menjaga hubungan jangka panjang antara konsumen dan perusahaan yang salah satunya menggunakan brand community atau brand tribalism yang pada penelitian ini melambangkan aspek sosial seperti segmentary lineage dan social structue berfokus mempengaruhi strategi pemasaran, komunitas online dikatakan sebagai massively multiplayer online role playing game (MMORPG) kemudian dianggap sebagai konsumen yang berbudaya. Anteseden brand tribalism yakni attachment terhadap RF Online, dual-process theory terkait dengan RF Online, komitmen terhadap MMORPG. Sehingga suku MMORPPG mengambil peran ekspresi diri pemain seperti self-esteem. Serta hubungan moderasi dari investment size mempengaruhi tribalism MMORPG yang menguatkannya terhadap self-esteem pemain, sehingga menghasilkan perilaku consumer intention behaviour. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer dengan melewati tahap uji statistik menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Responden yang diambil pendapatnya berasal dari komunitas facebook RF Online dengan kategori aktif bermain RF Online sebanyak 391 yang terisi, dan data diambil menggunakan kuisioner online. Kemudian hasil menunjukkan jika hubungan penting dari anteseden brand tribalism yang tidak berpengaruh yakni brand attachment dan cognitive involvement, namun dual-process berpengaruh tidak langsung terhadap brand tribalism melalui commitment pemain. Terakhir efek moderasi investment size tidak dapat memperkuat hubungan antara brand tribalism dan self-esteem.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.83/20 Arf a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | game, MMORPGs, brand attachment, brand community, brand tribalism, dual-process, self-esteem, investment size, consumer intention behaviour. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Andri Yanti | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2020 06:58 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2020 07:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97107 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |