Antesedenperilaku Brand Tribalism Dengan Konsekuensi Hasil Behavioral Intention Pada Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Rising Force Online

Rizky Boy Arfa (2020) Antesedenperilaku Brand Tribalism Dengan Konsekuensi Hasil Behavioral Intention Pada Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Rising Force Online. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (653kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (847kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mengikat dan mempertahankan konsumen, penting untuk menjaga hubungan jangka panjang antara konsumen dan perusahaan yang salah satunya menggunakan brand community atau brand tribalism yang pada penelitian ini melambangkan aspek sosial seperti segmentary lineage dan social structue berfokus mempengaruhi strategi pemasaran, komunitas online dikatakan sebagai massively multiplayer online role playing game (MMORPG) kemudian dianggap sebagai konsumen yang berbudaya. Anteseden brand tribalism yakni attachment terhadap RF Online, dual-process theory terkait dengan RF Online, komitmen terhadap MMORPG. Sehingga suku MMORPPG mengambil peran ekspresi diri pemain seperti self-esteem. Serta hubungan moderasi dari investment size mempengaruhi tribalism MMORPG yang menguatkannya terhadap self-esteem pemain, sehingga menghasilkan perilaku consumer intention behaviour. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer dengan melewati tahap uji statistik menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Responden yang diambil pendapatnya berasal dari komunitas facebook RF Online dengan kategori aktif bermain RF Online sebanyak 391 yang terisi, dan data diambil menggunakan kuisioner online. Kemudian hasil menunjukkan jika hubungan penting dari anteseden brand tribalism yang tidak berpengaruh yakni brand attachment dan cognitive involvement, namun dual-process berpengaruh tidak langsung terhadap brand tribalism melalui commitment pemain. Terakhir efek moderasi investment size tidak dapat memperkuat hubungan antara brand tribalism dan self-esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.83/20 Arf a
Uncontrolled Keywords: game, MMORPGs, brand attachment, brand community, brand tribalism, dual-process, self-esteem, investment size, consumer intention behaviour.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Rizky Boy ArfaNIM041711223052
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir SukocoNIDN0021035212
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:58
Last Modified: 12 Aug 2020 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97107
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item