Uji Validitas Dan Reliabilitas Conduct Disorder Rating Scale (Cdrs)- Parent Dan Conduct Disorder Rating Scale (Cdrs)-Teacher Versi Indonesia Sebagai Alat Skrining Gangguan Tingkah Laku Pada Anak Sekolah Dasar

I Gusti Ayu Indah Ardani (2019) Uji Validitas Dan Reliabilitas Conduct Disorder Rating Scale (Cdrs)- Parent Dan Conduct Disorder Rating Scale (Cdrs)-Teacher Versi Indonesia Sebagai Alat Skrining Gangguan Tingkah Laku Pada Anak Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (296kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 METODE PENELITIAN)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 HASIL PENELITIAN)
8. BAB 5 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 PEMBAHASAN)
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7 SIMPULAN DAN SARAN)
10. BAB 7 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2023.

Download (460kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Gangguan Tingkah Laku (GTL) sering dijumpai pada anak dan remaja dan empat kali lebih tinggi untuk timbulnya psikopatologi gangguan mental pada masa dewasa. Prevalensi GTL pada anak di Amerika Serikat sebesar 9,5%. Diagnosis GTL sangat penting dilakukan sedini mungkin. Untuk itu perlu dikembangkan Instrumen yang mudah dan efektif sebagai alat skrining awal GTL yang dapat dilakukan orang tua dan guru pada anak sekolah. CDRS for parent and teacher sebagai rating scale yang valid dan reliable, singkat, efektif, dan konten sesuai DSM-IV perlu diadopsi ke versi Indonesia, yang merupakan kuisioner singkat mengenai perilaku anak usia 5-12 tahun. Tujuan: Menganalisis validitas dan reliabilitas Conduct Disorder Rating Scale for parent and teacher sebagai alat skrining pada populasi anak di Surabaya untuk deteksi dini kasus GTL. Metode: Jenis penelitian deskriptif observasional dengan desain cross sectional, cluster random sampling dibagi dalam 2 kelompok. Orang tua dan guru akan menilai anak Sekolah Dasar di Surabaya menggunakan kuesioner CDRS for parent and teacher yang telah diterjemahkan ke versi Indonesia. Konfirmasi diagnosis GTL pada anak yang tergolong kasus dideteksi oleh psikiater konsultan. Hasil: Nilai AUC CDRS-parent dan CDRS-teacher adalah 0,951 dan 0,888; nilai cut off value 2,5 dan 1,5; nilai sensitivitas 96,97% dan 85%; nilai spesifitas 89,95% dan 75%; nilai PPV 47,6% dan 24,35%; nilai NPV 99,68% dan 98,12%; nilai cronbach’s alpha 0,771 dan 0,740. Simpulan: CDRS-parent dan CDRS-teacher versi Indonesia merupakan instrumen yang valid dan reliable sebagai alat skrining Gangguan Tingkah Laku pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ.01-20 Ard U
Uncontrolled Keywords: Gangguan Tingkah Laku (GTL); CDRS for parent and teacher; uji validitas dan reliabilitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
I Gusti Ayu Indah ArdaniNIM011629089302
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDYunias SetiawatiNIDN8837800016
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:26
Last Modified: 13 Aug 2020 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item