Strategi Inas Rana Sebagai Fashion Micro Influencer Dalam Membangun Kredibilitas Di Instagram

Diva Suci Rakasiwi (2019) Strategi Inas Rana Sebagai Fashion Micro Influencer Dalam Membangun Kredibilitas Di Instagram. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (541kB)
[img] Text (ABSTRAK)
7. RINGKASAN PENELITIAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 2)
15. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
16. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17. BAB 4 GAMBARAN OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18. BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
19. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (502kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan perubahan pada strategi komunikasi pemasaran. Para pemasar menggunakan micro influencer sebagai strateginya. Micro influencer merupakan sosok yang mampu memberikan pengaruh kepada audiensnya di media sosial melalui kontennya, memiliki hubungan yang erat dengan audiensnya, memiliki spesialisasi konten, berkomitmen menyajikan konten yang otentik dan memiliki jumlah pengikut antara 10.000 hingga 100.000. Media sosial yang paling banyak digunakan oleh micro influencer adalah Instagram dengan konten yang paling populer adalah fashion. Micro influencer harus memiliki kredibilitas karena keberhasilannya memiliki peran yang sangat penting bagi merek. Salah satu micro influencer dengan spesialisai konten fashion adalah Inas Rana. Inas Rana merupakan influencer yang sukses dalam membangun kredibilitas di Instagram. Inas Rana memiliki pengikut di Instagram sejumlah 100.000 yang diraih dalam waktu lima tahun. Inas Rana juga secara konsisten mengunggah konten fashion dan memiliki pengikut yang organik. Penelitian ini akan menjelaskan strategi yang dilakukan oleh Inas Rana sebagai fashion micro influencer dalam upaya membangun kredibilitas di Instagram. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, peneliti berusaha mengeksplorasi kredibilitas seorang fashion micro influencer Instagram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan Inas sebagai fashion micro influencer untuk dapat membangun kredibilitas sumber adalah dengan memenuhi unsur kredibilitas sumber Ohanian (1990) yaitu menunjukkan pengalamannya di bidang fashion seperti kerja sama dengan merek ternama dan kemudian diunggah di Instagramnya yang juga merupakan portofolionya; memenuhi kualifikasi yaitu dengan membatasi endorsement serta mempekerjakan fotografer dan admin sebagai bentuk profesionalitas pekerjaan; memiliki pengetahuan luas yang ditunjukkan dengan memberikan tutorial dan memahami berbagai istilah dalam dunia fashion; berkata apa adanya tentang produk yang dipromosikan; menjadi sosok yang dapat diandalkan oleh audiensnya; menunjukkan kesamaan yang dimiliki denganaudiens; menjalin kedekatan dengan pihak yang mengajak bekerja sama dan audiens; dan menjadi sosok yang disukai dengan menampilkan tampilan fisik dan karakter yang menarik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKN KK TSK 08/20 Rak s
Uncontrolled Keywords: micro influencer, fashion, kredibilitas sumber, komunikasi pemasaran, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Diva Suci RakasiwiNIM071614853003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria SaptyasariNIDN'0030097202
Thesis advisorSony KusumasondjajaNIDN'0001057604
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:45
Last Modified: 19 Aug 2020 13:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item