Analisis Human Factors Pada Mekanik Aircraft Maintenance

Afif Naufalrachman (2020) Analisis Human Factors Pada Mekanik Aircraft Maintenance. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (225kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
4. BAB IPENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
5. BAB IIPERSPEKTIF TEORETIS.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IIIMETODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IVHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VSIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Kesediaan Afif Naufalrachman - afif naufalrachman.pdf

Download (236kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran human factors pada mekanik aircraft maintenance. Transport Canada mengidentifikasi dua belas human factors yang menurunkan kemampuan orang untuk menampilkan kinerja yang efektif dan aman, yang dapat menyebabkan kesalahan perawatan pesawat. Kedua belas faktor ini yang dikembangkan oleh Gordon Dupont dikenal dengan “dirty dozen,” pada akhirnya diadopsi oleh industri penerbangan untuk membahas human error dalam perawatan pesawat (FAA, 2018). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental. Penggalian data dilakukan dengan wawancara serta pengumpulan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik pada hasil wawancara seluruh subjek. Penelitian ini melibatkan empat orang subjek mekanik GMF AeroAsia yang pernah melakukan kesalahan kerja. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa keempat subjek memiliki pengalaman kesalahan kerja yang berbeda – beda, namun terdapat kesamaan pola pada proses kesalahan kerja itu terjadi. Keempat subjek mengalami complacency, di mana subjek ceroboh dalam mengambil keputusan sehingga terjadi kesalahan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 97/20 Nau a
Uncontrolled Keywords: aircraft maintenance mechanics, human factors
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA166-167 Human engineering
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Afif NaufalrachmanNIM111611133029
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCholichul HadiNIDN0023036405
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:36
Last Modified: 01 Sep 2020 23:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98369
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item