Rickwan Joverson Ginting (2020) Perilaku Konsumtif Menonton Youtube Pada Kalangan Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (329kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (502kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II GAMBARAN UMUM PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III PROFIL INFORMAN DAN PROSES TERBENTUKNYA PERILAKU KONSUMTIF MENONTON YOUTUBE.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV INTERPRETASI TEORITIK TERBENTUKNYA PERILAKU KONSUMTIF MENONTON YOUTUBE.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
10. Permohonan Embargo-18.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
Abstract
YouTube merupakan sebuah media yang mengalami komodifikasi yaitu proses menjadikan sesuatu sebagai komoditi. Di satu sisi, komodifikasi terhadap YouTube terjadi pada kalangan konten kreator yang menjadi mitra untuk menghasilkan karya berupa konten-konten video yang kemudian disebut sebagai komoditi. Di sisi lain, peranan yang penting dalam terbentuknya komodifikasi juga berada pada konsumen sebagai pihak yang akan mengonsumsi komoditi tersebut. Pada tahap ini kapitalis memiliki kekuatan mendominasi dan mengarahkan selera konsumsi masyarakat sehingga terbentuk perilaku yang konsumtif yaitu mengonsumsi dalam intensitas yang tinggi dan menjadi kecanduan. Permasalahan di dalam studi ini dipahami dan dianalisis dengan menggunakan perspektif dari budaya populer melalui teori konsumsi - Jean Baudrillard dan teori gaya hidup – David Chaney. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menentukan informan, memperoleh data dan menganalisis data. Wawancara mendalam dilakukan kepada informan penelitian yang sebelumnya telah ditentukan berdasarkan purposive sampling sebagai teknik penentuan informan penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terbentuknya perilaku konsumtif menonton YouTube pada kalangan mahasiswa di Surabaya adalah melalui tahapan simulakra, simulasi dan hiperrealitas. Proses konsumsi diawali dengan sebuah kebutuhan semu, kemudian terdapat aspek pendorong dan aspek penarik yang membentuk perilaku konsumtif. Selain itu, terbangunnya gaya hidup konsumtif di masyarakat mendorong terbentuknya perilaku konsumtif menonton YouTube yang diikuti dengan perilaku konsumsi sinergistik dan prosumen. Berdasarkan hasil temuan dan analisis data, penelitian ini kemudian membagi konsumen ke dalam dua bagian dibalik terbentuk perilaku konsumtif menonton YouTube yaitu Productive viewers yang masih memiliki preferensi pribadi dalam megonsumsi YouTube dan non-productive viewers yang mutlak dipengaruhi kekuatan dominasi kapitalis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis S 32-20 Gin p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | YouTube, Budaya Populer, Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, Simulasi, Simulakra, Hiperrealitas | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | prasetyo adi nugroho | ||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2020 01:57 | ||||||
Last Modified: | 02 Sep 2020 01:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98386 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |