Pemaknaan Gaya Hidup (Fashion) Mahasiswi Surabaya Dalam Media Sosial Instagram

Artika Ganevi Putri Ananta (2020) Pemaknaan Gaya Hidup (Fashion) Mahasiswi Surabaya Dalam Media Sosial Instagram. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (887kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II KONTEKS SOSIAL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5 BAB III PROFIL MAHASISWA DAN PEMAKNAAN GAYA HIDUP (FASHION) DIKALANGAN MAHASISWI SURABAYA DALAM INSTAGRAM.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV GAYA HIDUP FASHION YANG TERBENTUK DIKALANGANMAHASISWI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
10. Permohonan Embargo-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mahasiswi cenderung memiliki gaya hidup yang menurutnya mampu untuk menunjang kepopuleran di era digital saat ini. Gaya hidup yang diterapkan oleh mahasiswi selalu berkaitan dengan fashion yang digunakan baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Instagram adalah wadah bagi mahasiswi mengekspresikan gaya hidup mereka untuk dilihat pengikutnya di instagram dengan adanya komentar yang diberikan oleh pengguna lain guna mengapresiasi gaya hidup fashion yang saat ini digunakan. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini memiliki fokus penelitian apa pemaknaan gaya hidup fashion mahasiswi Surabaya dalam masyarakat digital dan apa gaya hidup fashion terbentuk dikalangan mahasiswi Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui Indepth Interview atau wawancara mendalam kepada mahasiswi yang ada di Surabaya. Informan berjumlah 9 orang mahasiswi yang memiliki pengalaman langsung terhadap gaya hidup fashion yang digunakan pada sehari-hari maupun digunakan saat menggunakan konten di sosial media instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Fenomenologi dari Schutz dan Teori Gaya Hidup milik David. Dari sembilan Informan tersebut memiliki pengalaman gaya hidup fashion yang diterapkan di kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini menghasilkan pemaknaan pada gaya hidup fashion mahasiswi sebagai ajang eksistensi diri di media sosial instagram dari faktor media sosial dan lingkungan sosial yang menyebabkan mereka ingin mencari jati dirinya dan menampilkan citra dirinya dihadapan banyak orang. Dalam memaknai tindakan bermedia sosial instagram muncul dari faktor media massa dan kelas sosial yang tertutup sehingga membuat mahasiswi sesuka hati menggunakan instagram tanpa mengetahui nilai-nilai dan etika dalam bermedia sosial. Asal mula mahasiswi menggunakan fashion pada gaya hidupnya menyebabkan mereka selalu mencari tahu gambaran fashion masa kini untuk mereka terapkan di kehidupan sehari-hari. Membeli barang branded sebagai bagian dari gaya hidup bermula dari dorongan teman sebaya yang lebih dulu mengetahui barang bermerk dan mereka konsumsi untuk digunakan pada aktifitas sehari-hari agar tampil dengan fashionable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 37-20 Ana p
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Fashion, Pemaknaan, Instagram, Fenomenologi,Barang Branded, Media Sosial,Eksistensi diri
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Artika Ganevi Putri AnantaNIM071611433013
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong SuyantoNIDN0006096604
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:26
Last Modified: 02 Sep 2020 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98395
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item