Hubungan Safety Climate Dan Perceived Risk Dengan Safety Performance Pada Karyawan Bagian Produksi Pt. Batam Marina Shipyard

Billy Hendrawan (2020) Hubungan Safety Climate Dan Perceived Risk Dengan Safety Performance Pada Karyawan Bagian Produksi Pt. Batam Marina Shipyard. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (184kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (112kB)
[img] Text
3. ABSTRAK .pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (275kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text
form kesediaan perpus - Billy Hendrawan.pdf

Download (54kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan safety climate dan perceived risk dengan safety performance pada karyawan bidang produksi PT. Batam Marina Shipyard. Neal dan Griffin (2000) mendefinisikan safety performance sebagai perilaku kerja yang relevan terhadap keselamatan yang dapat dikonseptualisasikan sama dengan perilaku kerja lainnya dalam lingkungan kerja. Neal dan Griffin (2000) mendefinisikan safety climate sebagai persepsi bersama yang dimiliki karyawan berkaitan dengan aspek – aspek keselematan dan keamanan kerja. Teori perceived risk yang digunakan pada penelitian ini adalah teori yang dicetuskan oleh Sjoberg (1993, dalam Rundmo, 2000) yang menyatakan bahwa pengalaman risiko individu dapat dipisahkan menjadi komponen kognitif dan afektif. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner. Alat ukur safety performance dengan bentuk skala likert berjumlah 18 aitem, alat ukur safety climate dengan bentuk skala likert berjumlah 24 aitem dan alat ukur perceived risk dengan bentuk skala likert berjumlah 16 aitem. Nilai Cronbach’s Alpha untuk skala safety performance sebesar 0,831. Nilai Cronbach’s Alpha untuk skala safety climate sebesar 0,869. Dan nilai Cronbach’s Alpha untuk skala perceived risk sebesar 0,902. Jumlah subjek penelitian ini adalah 104 karyawan bidang produksi PT. Batam Marina Shipyard. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik survey non probability dan teknik analisis data korelasi Spearman’s rho dengan bantuan program SPSS 25. Hasil pengujian hipotesis mengatakan adanya hubungan yg signifikan antara safety climate dan perceived risk dengan safety performance dengan nilai signifikansi sebesar 0,000

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 106/20 Hen h
Uncontrolled Keywords: safety performance, safety climate, shipyard, perceived risk
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Billy HendrawanNIM111311133047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi SyarifahNIDN0029098011
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2020 15:30
Last Modified: 02 Sep 2020 15:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item