Sandi Dharma Imaduddi (2020) Pemaknaan Konsumen Kafe Asing Dan Kafe Lokal Terhadap Kafe Sebagai “Tempat Ketiga” Studi Kasus Pada Konsumen Starbucks Dan Coffee Toffee. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (241kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.. DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap coffee shop (Coffee Toffee sebagai kafe lokal Dan Starbucks sebagai kafe asing) sebagai tempat ketiga, serta persepsi terhadap kualitas pelayanan Coffee Toffee dan Starbucks. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini diantaranya adalah teori mengenai kopi di Indonesia, kualitas pelayanan, serta tempat ketiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tipe deskriptif. Terdapat 8 orang subyek / informan. Penelitian ini memilih konsumen Coffee Toffee dan Starbucks karena Coffee Toffee dan Starbucks adalah merek coffee shop yang sudah terkenal, memiliki jumlah konsumen yang besar, serta memiliki ciri khas dalam hal bahan baku, yaitu Starbucks menggunakan bahan baku kopi import dan Coffee Toffee menggunakan bahan baku kopi lokal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode indepth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua informan memiliki pemaknaan coffee shop sebagai tempat ketiga yang ditunjukkan dengan desain interior, barista dan implicating lokal. Persepsi para informan terhadap kualitas pelayanan mengindikasikan bahwa sebagian besar mereka memiliki berbagai anggapan yang positif mengenai pelayanan yang diberikan oleh coffee shop. Anggapan positif tersebut meliputi beberapa aspek diantaranya adalah mengenai kemudahan dalam melakukan pembelian, kecepatan dalam melayani, kemampuan menjalin hubungan dengan konsumen, dan keramahtamahan. Hal tersebut berkaitan dengan aspek tangible, reliability, responsivenes dan emphaty. Penelitian ini juga mendukung adanya hubungan antara kualitas pelayanan, kenyamanan sebuah coffee shop sebagai tempat ketiga, serta loyalitas konsumen. Perbandingan antara konsumen kafe asing Starbucks dan kafe lokal Coffee Toffeee dapat dilihat dari pengenalan tehadap desain, pengenalan logo dan slogan, serta pengetahuan menu pada masing-masing coffee shop.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.58-20 Ima p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Tempat Ketiga, Kualitas Pelayanan, Starbucks, Coffee Toffee | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2020 01:27 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2020 01:27 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98523 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |