Elfina Permata Sari (2020) Pemanfaatan Surat Elektronik Dalam Kegiatan Korespondensi Oleh Sekretaris Bidang Penyuluhan, Pelayanan Dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur I. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (201kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
3. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
4. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 HASIL DAN PEMBAHASAN)
5. BAB 3 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN)
6. BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
9. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
Abstract
Banyak perusahaan mempercayakan sekretaris sebagai pengelola informasi berupa surat-surat, baik dalam lingkup internal maupun eksternal perusahaan. Pengelolaan yang baik akan menghindarkan kesalahpahaman sehingga pesannya tersampaikan dan tidak ada hal yang terlewatkan. Informasi yang telah dikelola dengan baik menjadikan informasi tersebut mempunyai nilai pengetahuan. Dengan adanya informasi, akan meningkatkan pengetahuan mengenai hal yang bersangkutan dan juga menurunkan rasa keraguan terhadap hal yang bersangkutan.Seiring perkembangan jaman, kebutuhan akan kertas khususnya dalam bidang surat-menyurat semakin meningkat karena laju informasi juga semakin pesat. Namun kertas-kertas yang dibutuhkan tersebut berasal dari pohon yang kini kian berkurang populasinya. Untuk menekan tingkat penggunaan kertas khususnya dalam hal surat-menyurat, maka timbulah istilah Paperless Office. Paperless Office adalah suatu sebutan untuk kondisi dimana sebuah perusahaan yang kegiatan perkantorannya mengurangi bahkan tidak menggunakan kertas sama sekali. Saat ini untuk lebih mempermudah kegiatan surat-menyurat, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi yang bernama e-mail/surat elektronik untuk dapat saling berkirim surat. Sehingga tidak perlu lagi mencetak surat untuk kemudian diberi tanda tangan basah sebelum mendistribusikan surat.Penyusunan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif di mana kesimpulan dituliskan berdasarkan analisis data dan informasi yang diperoleh pada saat pelaksanaan magang kerja. Berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara maupun observasi yang telah dijabarkan sebelumnya, diketahui bahwa Sekretaris Bidang P2Humas Kanwil DJP Jatim I telah memanfaatkan fasilitas Surat Elektronik dalam kegiatan korespondensi. Dari dua portal yakni Sisuka dan Gmail.com keduanya merupakan portal yang berkaitan erat dengan pekerjaan korespondensi. Penggunaan Sisuka telah sangat optimal mengingat dengan adanya Sisuka sangat memberi kemudahan terhadap kegiatan pencatatan surat masuk maupun surat keluar.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.AP.20/20 Sar p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Surat Elektronik, Korespondensi, Kanwil DJP Jawa Timur I | ||||||
Subjects: | H Social Sciences | ||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | indah rachma cahyani | ||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2020 05:10 | ||||||
Last Modified: | 06 Nov 2020 05:10 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99033 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |