Dampak Overbooking Terhadap Hotel Bumi Surabaya City Resort

Muhammad Nabil Kinan Faris (2020) Dampak Overbooking Terhadap Hotel Bumi Surabaya City Resort. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (349kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2023.

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2023.

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2023.

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
kesediaan Nabil - Fadhil Halim.pdf

Download (99kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Overbooking bisa menjadi permasalahan besar yang mengecewakan tamu dan bisa merugikan hotel. Namun demikian, bagi Manager Reservation yang menyukai tantangan yang mampu mengelola resiko yang penuh dengan ketidakpastian bisa sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak overbooking terhadap hotel Bumi Surabaya City Resort. Penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang teknik pengumpulan datanya diambil melalui observasi partisipatif, studi dokumen, dan wawancara secara purposive terhadap 18 informan, yaitu 3 wisatawan wisnus dan 3 wisman yang terkena dampak overbooking, 3 orang di bagian Reservation, 3 orang receptionist, dan 6 orang staff travel agent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa overbooking berdampak terhadap hotel, tamu yang menginap, dan agent pemesanan kamar sebagai perantaranya. Data penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan 72% informan mengatakan kecewa, 18% mengatakan tidak apa-apa, dan 10% mengatakan senang. Alasan kekecewaan cenderung karena harapannya tidak sesuai dengan apa yang didapatkan (E < P). Untuk yang mengatakan tidak apa-apa ataupun merasa senang cenderung karena alasan apa yang diharapkan sama atau lebih besar dari yang didapatkan (E ≤ P). Dari penelitian ini dapatlah disimpulkan bahwa overbooking berdampak negatif hingga 75% terhadap hotel Bumi Surabaya. Oleh karena itu, overbooking perludihindari

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV MP 08/20 Far d
Uncontrolled Keywords: impact, overbooking, hotel, guests, travel agent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Nabil Kinan FarisNIM151711113015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Suharto, -NIDN0003037202
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2020 22:24
Last Modified: 28 Sep 2020 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item