Produksi Ruang Pembangunan Objek Wisata (Studi Perubahan Spasial dan Pembangunan Objek Wisata Swadaya Oleh warga RW 15, Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Khoirul Zadit (2020) Produksi Ruang Pembangunan Objek Wisata (Studi Perubahan Spasial dan Pembangunan Objek Wisata Swadaya Oleh warga RW 15, Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN AWAL)
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (314kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Maraknya pembangunan pariwisata juga terjadi di kawasan Perum Perhutani Coban Talun yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Selain menjadi tempat konservasi hewan dan hutan produksi pertanian yang dimanfaatkan warga Desa Tulungrejo, kini mulai banyak bermunculan objek wisata buatan. Perubahan spasial di kawasan Perum Perhutani Coban Talun telah mendatangkan dampak bagi warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sebagai warga asli dengan mayoritas pekerjaan di bidang pertanian. Objek wisata ―Oyot‖ merupakan ruang yang dibentuk oleh warga RW 15 Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sebagai ruang perlawanan warga Desa Tulungrejo terhadap terancamnya ruang representasional mereka sebagai warga asli Kota Batu dengan kehidupan agrarisnya, oleh sektor pariwisata. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teori produksi ruang sosial Henri Lefebvre (1991) untuk menggali bagaimana praktik spasial, ruang representasional warga Desa Tulungrejo, maupun bagaimana objek wisata sebagai sebuah ruang diproduksi oleh warga secara kolektif, mengingat mayoritas anggota program pembangunan objek wisata tersebut sebelumnya tidak berprofesi dalam bidang pariwisata. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam terhadap sejumlah 11 orang narasumber. Melalui konsep produksi ruang Henri Lefebvre (1991) didapatkan kesimpulan bahwa telah terjadi praktik spasial yang terjadi di kawasan Perhutani Coban Talun antara pihak investor dan KPH Malang yang telah mengubah fungsi lahan atau hutan yang dikelola Perum Perhutani. Ruang representasional warga sebagai petani mulai terancam akibat lahan produksi yang dikelola Perum Perhutani yang dalam kesehariannya dimanfaatkan warga sebagai lahan pertanian kurang diperhatikan oleh Perum Perhutani. Objek wisata ―Oyot‖ terbentuk dari abstraksi ruang atau representasi ruang yang dilakukan oleh warga RW 15, Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu setelah mengetahui dan mengalami adanya praktik dan perubahan spasial yang terjadi di wilayah atau ruang representasional mereka. Selain bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, pembangunan objek wisata ―Oyot‖ juga dapat menguatkan ikatan sosial diantara warga atau sesama anggota program pembangunan. Objek wisata "oyot" juga dimaknai warga sebagai simbol keberadaan warga yang tidak ingin tersingkir dalam kompetisi di sektor pariwisata yang berada di sekitar tempat tinggal mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.04/20 Zad p
Uncontrolled Keywords: Produksi Ruang, Perubahan Spasial, Ruang Differensial
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Khoirul ZaditNIM071724753006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong SuyantoNIDN0006096604
Thesis advisorSutinahNIDN0016085807
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Oct 2020 05:31
Last Modified: 03 Oct 2020 05:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item