Festival Budaya Mojokerto sebagai Daya Tarik Wisata (Studi Deskriptif Tentang Majapahit Culture Festival Sebagai Atraksi Wisata di Kabupaten Mojokerto)

Elly Wahyu Mulyana Wibowo (2020) Festival Budaya Mojokerto sebagai Daya Tarik Wisata (Studi Deskriptif Tentang Majapahit Culture Festival Sebagai Atraksi Wisata di Kabupaten Mojokerto). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (508kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text (ABSTRAKSI)
3. ABSTRAKSI.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text (BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN)
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2023.

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III ANALISIS TEMUAN DATA)
6. BAB III ANALISIS TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2023.

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2023.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2023.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mojokerto merupakan sebuah daerah di jawa timur yang terkenal dan hampi selalu di identikkan atau di kaitkan dengan nama sebuah kerajaan besar yang pernah berjaya berdiri di tanah air, kerajaan tersebut adalah Kerajaan Majapahit. Hampir setiap orang mengenal dan pernah mendengar betapa tersohornya kerajaan besar ini. Menurut hasil temuan benda - benda dan bangunan purbakala, kerajaan besar ini berdiri dan memiliki daerah pusat pemerintahan di kawasan yang saat ini banyak orang mengenalnya dengan nama Mojokerto. Berbekal dengan potensi kebudayaan yang ada, Kabupaten Mojokerto mengemasnya sebagai sebuah kegiatan yang menarik berupa festival atau pawai budaya yang didalamnya menampilkan drama tari dengan menggunakan baju – baju yang bertemakan Kerajaan Majapahit. Kegiatan ini disebut dengan Majapahit Culture Festival yang mana pesertanya merupakan masyarakat Kabupaten Mojokerto di delapan belas kecamatan yang ada. Dari diadakannya festival ini, peneliti melihat pentingnya untuk mendeskripsiskan apa saja yang menjadi atraksi pada kegiatan tersebut serta apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari diadakannya Majapahit Culture Festival. Tujuan pendeskripsian dua hal tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana potensi kegiatan Mojopahit Culture Festival untuk dapat dijadikan sebagai atraksi wisata yang menarik serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari diadakannya kegiatan ini, sehinga dalam pagelaran Majapahit Culture Festival yang selanjutnya dapat dikemas dan berkembang menjadi sebuah atraksi wisata yang menarik di Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan untuk menjabarkan tujuan tersebut adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana metode ini menjabarkan kejadian – kejadian sosial yang ada dilapangan, penjabaran ini menggunakan hasil olah dari data yang diperoleh dari hasil wawancara, foto, vidio, catatan lapangan dan dokumen pribadi sesuai dengan kenyataan yang ditemukan di lapangan. Hasil dari temuan data dilapangan ini menghasilkan bahwa Majapahit Culture Festival dapat menjadi salah satu atraksi wisata yang menarik di Kabupaten Mojokerto, sebab dalam festival ini juga turut menampilan kesenian – kesenian khas Mojokerto dan beberapa penampilan menarik lainnya dengan tema utama adalah Kerajaan Majapahit. Hal menarik dalam penyelenggaraan festival ini adalah pada setiap pelaksaannya selalu megangkat tema utama yaitu Kerajaan Majapahit sebagai identitas dari Kabupaten Mojokerto, sehingga menjadikannya unik dan berbeda dari daerah – daerah lain.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.73/20 Wib f
Uncontrolled Keywords: Potensi Budaya , Daya Tarik, Festval Budaya Majapahit
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Elly Wahyu Mulyana WibowoNIM151711413047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah NurhidayatiNIDN0010127003
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:05
Last Modified: 07 Oct 2020 07:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item