Kinerja Karyawan Room Attendant Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Hotel Novotel Samator Surabaya Timur

Ardit Budi Santoso (2020) Kinerja Karyawan Room Attendant Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Hotel Novotel Samator Surabaya Timur. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (345kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. DAFTAR_ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
4. BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
5. BAB_II_DESKRIPSI_LOKASI_PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB_III_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB_IV_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
151711113056_Ardit Budi Santoso_Kesediaan - Ardit Budi Santoso.pdf

Download (186kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Room attendant merupakan petugas yang bertanggung jawab atas kebersihan kamar tamu hotel, keberadaan Room attendant sangat penting untuk menunjang kelancaran operasional hotel. Kualitas pelayanan atau jasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu yang dilayaninya, dalam upaya memenuhi pelayanan kepada tamu setiap perusahaan pasti sering melakukan banyak cara untuk meningkatkan performa kinerja karyawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya karyawan Room attendant dalam meningkatkan kualitas kinerja pelayanan di Hotel Novotel Samator Surabaya Timur. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dimana menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi yang kemudian dianalisa dan dibandingkan dengan teori-teori yang diperoleh, memberikan kesimpulan dan saran dari sudut pandang penulis untuk mempertegas hasil penelitian. Hasil yang didapat oleh penulis adalah Floor supervisor selalu memberi motivasi, semangat kerja serta sharing ilmu kepada sesama sebagai upaya untuk meningkatkankan performa kinerja, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Room attendant selalu memperhatikan personal hygiene, memakai hand glove dan masker, serta melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP. Untuk meningkatkan kualitas kinerja pelayanan, pihak manajemen selalu memberikan evaluasi terhadap kinerja Room attendant. Kendala-kendala yang dihadapi oleh Room attendant adalah 1) terlambatnya pengiriman linen dan towel oleh outside laundry, 2) antrian penggunaan lift service, 3) tidak adanya Runner, 4) kurangnya vacuum, 5) takaran chemical yang tidak sesuai dengan SOP, 6) keterbatasan equipment berupa kapi, 7) bottle sprayer yang rusak/macet

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV MP 39/20 San k
Uncontrolled Keywords: Room attendant, Performance, Quality of Service
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX851-885 Dining-room service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Ardit Budi SantosoNIM151711113056
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie Reindrawati, -NIDN0007077604
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2020 23:53
Last Modified: 07 Oct 2020 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99865
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item