Perbedaan Kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Antara Anak dari Orangtua Tunggal dengan Orangtua Utuh

Wenny Febryanti (2014) Perbedaan Kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Antara Anak dari Orangtua Tunggal dengan Orangtua Utuh. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (860kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (770kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK .pdf

Download (750kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (726kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (816kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kesiapan sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) antara anak dari orangtua tunggal dengan orangtua utuh. Struktur keluarga merupakan variabel X (variabel bebas) yang terdiri atas 2 variabel yaitu orangtua tunggal (X1) dan orangtua utuh (X2). Kesiapan sekolah merupakan variabel Y (variabel tergantung). Kesiapan sekolah terdiri dari lima domain yaitu kompetensi sosial, kesehatan dan kesejahteraan fisik, kematangan emosi, perkembangan bahasa dan kognitif serta keterampilan komunikasi dan pengetahuan umum. Penelitian ini dilakukan pada 36 siswa TK tingkat B di Surabaya. Jumlah subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Dari jumlah subyek sebanyak 36 siswa tersebut terdiri atas 18 siswa yang berasal dari orangtua tunggal dan 18 siswa yang bersal dari orangtua utuh. Dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Alat pengambilan data dengan mengadopsi kuesioner Early Development Instrument (EDI) yang terdiri atas 103 aitem. Analisis data dilakukan dengan teknik independent sample t-test dengan bantuan program statistik SPSS versi 19. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai t sebesar 6,45 dengan perbedaan mean sebesar 2,32. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sangat signifikan kesiapan sekolah anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang berasal dari orangtua tunggal dan orangtua utuh yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Sekolah, Anak TK, Orangtua Tunggal, Orangtua Utuh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Wenny FebryantiNIM111011166
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMareyke M.A.W. Tairas, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:49
Last Modified: 07 Apr 2021 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105320
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item