Gambaran Self-Esteem Individu Yang Mengalami Putus Sekolah

Rizky Susanti (2011) Gambaran Self-Esteem Individu Yang Mengalami Putus Sekolah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (814kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (688kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (722kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (782kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (728kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran self-esteem individu yang mengalami putus sekolah, yaitu berhenti bersekolah sebelum mendapatkan kelulusan dari pendidikan setingkat SMA. Self-esteem yang dimaksud di sini adalah rasa percaya diri seseorang yang terdiri atas kompetensi (competence), perasaan layak (worthiness), dan relasi di antara keduanya yang ada di dalam dirinya. Penyelidikan terhadap self-esteem ini juga dilakukan dengan menggali juga faktor-faktor yang ikut berperan dalam proses putus sekolah dan menemukan pengaruhnya terhadap self-esteem yang terbentuk dalam individu yang mengalaminya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Pemilihan subyek penelitian dengan berpedoman pada kriteria yang telah ditentukan, antara lain: 1.) Mengalami putus sekolah, yaitu berhenti bersekolah sebelum lulus dari jenjang pendidikan setingkat SMA dan tidak melanjutkannya lagi; 2.) Rentang masa antara terakhir bersekolah hingga saat penelitian dilaksanakan maksimal dua tahun. Metode penggalian data yang digunakan adalah wawancara yang dilengkapi dengan catatan lapangan. Sementara itu, analisis yang digunakan mengikuti lima fase analisis data yang diungkapkan oleh Yin, terdiri atas mengkompilasi data, membongkar data (melakukan koding), memasang kembali data, menginterpretasi, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran self-esteem masingmasing individu yang mengalami putus sekolah bersifat unik sesuai dengan competence dan worthiness yang dimiliki dan berkaitan juga dengan faktor-faktor yang ikut berperan pada proses putus sekolahnya dan pengalaman individu selama tak lagi bersekolah. Subyek pertama memiliki competence dan worthiness yang sama-sama negatif, subyek kedua dan ketiga memiliki competence negatif dan worthiness positif, dan subyek keempat memiliki cometence dan worthiness yang sama-sama positif. Dari kedua komponen yang saling berkaitan tersebut terbentuk gambaran self-esteem masing-masing individu yang dipengaruhi pengalaman putus sekolahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Putus Sekolah, Self-Esteem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Rizky SusantiNIM110710006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTino Leonardi, -NIDN0022077601
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:57
Last Modified: 23 Apr 2021 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item