Pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Peningkatan Prestasi Matematika Pada Siswa Retardasi Mental Ringan Di Sdlb Negeri Gedangan Sidoarjo

Karina Muryati (2012) Pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Peningkatan Prestasi Matematika Pada Siswa Retardasi Mental Ringan Di Sdlb Negeri Gedangan Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (681kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (659kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (777kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian metode pembelajaran direct instruction terhadap peningkatan prestasi matematika pada siswa retardasi mental ringan di SDLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Non- Randomized Pretest Posttest Control Group. Subjek penelitian adalah anak retardasi mental ringan kelas 5 SD di SLB Negeri Gedangan, dengan jumlah subjek sebanyak 6 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah achievement test matematika yang terdiri dari 20 aitem, dengan tipe soal jawaban pendek. Analisa data penelitian menggunakan teknik statistik non-parametrik Mann-Whitney U dengan bantuan komputer SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisa data terhadap gain score menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,023, yang berarti bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi Matematika antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, dimana peningkatan prestasi Matematika pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, dilihat dari nilai median kelompok eksperimen 10,00 sedangkan nilai median kelompok kontrol 5,00. Peningkatan prestasi ini disebabkan oleh pemberian metode pembelajaran direct instruction pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol tidak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian metode pembelajaran direct instruction terhadap peningkatan prestasi Matematika pada siswa retardasi mental ringan di SDLB Negeri Gedangan Sidoarjo (Ha diterima).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Matematika, Direct Instruction, Retardasi Mental Ringan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Karina MuryatiNIM110710155
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, -NIDN0022066702
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:16
Last Modified: 26 Apr 2021 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item