Karina Muryati (2012) Pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Peningkatan Prestasi Matematika Pada Siswa Retardasi Mental Ringan Di Sdlb Negeri Gedangan Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (681kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (659kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (599kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (777kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian metode pembelajaran direct instruction terhadap peningkatan prestasi matematika pada siswa retardasi mental ringan di SDLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Non- Randomized Pretest Posttest Control Group. Subjek penelitian adalah anak retardasi mental ringan kelas 5 SD di SLB Negeri Gedangan, dengan jumlah subjek sebanyak 6 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah achievement test matematika yang terdiri dari 20 aitem, dengan tipe soal jawaban pendek. Analisa data penelitian menggunakan teknik statistik non-parametrik Mann-Whitney U dengan bantuan komputer SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisa data terhadap gain score menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,023, yang berarti bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi Matematika antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, dimana peningkatan prestasi Matematika pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, dilihat dari nilai median kelompok eksperimen 10,00 sedangkan nilai median kelompok kontrol 5,00. Peningkatan prestasi ini disebabkan oleh pemberian metode pembelajaran direct instruction pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol tidak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian metode pembelajaran direct instruction terhadap peningkatan prestasi Matematika pada siswa retardasi mental ringan di SDLB Negeri Gedangan Sidoarjo (Ha diterima).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Matematika, Direct Instruction, Retardasi Mental Ringan | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2021 04:16 | ||||||
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:16 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106190 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |