Hubungan Antara Visual Motor Integration Dengan Handwriting Perfomance (Performa Tulisan Tangan) Pada Siswa Sekolah Dasar Di Surabaya

Mochammad Hafidz Ali (2020) Hubungan Antara Visual Motor Integration Dengan Handwriting Perfomance (Performa Tulisan Tangan) Pada Siswa Sekolah Dasar Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (338kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2024.

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2024.

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2024.

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2024.

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil kategori Visual Motor Integration dan hasil kategori Handwriting Perfomance (Performa Tulisan Tangan) ditinjau dari data demografi berdasarkan jenis kelamin, umur dan sekolah. Definisi Handwriting Perfomance berdasarkan penjelasan Reisman, J (1993) adalah aktivitas manusia yang rumit yang memerlukan penggabungan yang rumit dari kognisi, kinestetik, dan komponen perseptual-motor dan menurut Keith dan Natasha Beery (2010) integrasi visual motorik adalah kemampuan mata dan tangan untuk bekerja secara bersamaan dalam pola yang efisien dan halus sehingga bisa menerjemahkan persepsi visual menjadi fungsi motorik Penelitian ini dilakukan pada siswa Sekolah Dasar di Surabaya dengan kategori kelas 1 (Satu) dan 2 (Dua) dengan rentan berusia 7-8 tahun, subjek pada penelitian ini berjumlah sebanyak 284 siswa terdiri dari 120 siswa laki-laki dan 164 siswa perempuan. Pembagian sekolah dipilih dengan cara random sampling yang didasarkan pembagian 5 (lima) wilayah di Kota Surabaya. Data diperoleh melalui tes secara langsung di sekolah yang terpilih, tes dilakukan oleh Tester Profesional menggunakan alat ukur Visual Motor Integration yang dibuat oleh Keith E Beery edisi ketiga dan alat ukur Minnesota Handwriting Test yang dibuat oleh Reisman pada tahun 2010. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis uji beda one way ANOVA dengan progam SPSS 20.0 for Windows, dari hasil analisis tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa data demografi seperti jenis kelamin, usia dan sekolah berpengaruh terhadap hasil Visual Motor Integration dan Handwriting Perfomance. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa perempuan lebih tinggi pada kategori hasil visual motor integration sebanyak 37 siswa sedangkan laki-laki 31 siswa dan handwriting perfomance sebanyak 51 siswa perempuan sedangkan laki-laki 40 siswa yang termasuk kategori tinggi, sedangkan ditinjau dari usia, siswa dengan usia 7 tahun memiliki tingkat visual motor integration dan handwriting perfomance terbanyak pada kategori rendah dibandingkan dengan siswa usia 8 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 PSI 17/21 Ali h
Uncontrolled Keywords: Visual Motor Integration, Handwriting Perfomance, Siswa Sekolah Dasar di Surabaya.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Mochammad Hafidz AliNIM111311133066
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno SuminarNIDN0013036606
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:17
Last Modified: 21 Jun 2021 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item