KOMPETISI MAJALAH REMAJA BERLISENSI AMERIKA DALAM MEMPEREBUTKAN IKLAN : Analisis Isi Tentang Tingkat Kompetisi dalam Memperebutkan Iklan Produk Beauty, Fashion, dan Food and Drinks pada Majalah Cosmo girl!dan Seventeen Selama Tahun 2004 melalui Teori Niche

RAYENDRA PRADIPTA, 079915980 (2005) KOMPETISI MAJALAH REMAJA BERLISENSI AMERIKA DALAM MEMPEREBUTKAN IKLAN : Analisis Isi Tentang Tingkat Kompetisi dalam Memperebutkan Iklan Produk Beauty, Fashion, dan Food and Drinks pada Majalah Cosmo girl!dan Seventeen Selama Tahun 2004 melalui Teori Niche. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
61.9.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17373.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Munculnya majalah-majalah berlisensi asing bagi remaja putri seperti Cosmo Girl! maupun Seventeen, menimbulkan kompetisi meliputi capital (pemasukan dari iklan dan atau uang penjualan surat kabar/majalah), types of content (jenis isi peliputan media), dan types of audience (jenis khalayak sasaran) antar majalah sejenis. Penelitian ini hanya memfokuskan arah penelitiannya pada sumber kehidupan capital yang berkaitan dengan iklan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan antara iklan, Niche Breadth, dan Niche Overlap (tingkat kompetisi) produk beauty, fashion, dan food and drinks di Majalah Cosmo Girl! dan Seventeen selama tahun 2004. Kerangka konsep yang digunakan meliputi media massa majalah, iklan sebagai sumber pendapatan media, Teori Niche dalam ekologi media massa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis isi. Populasi penelitian ini adalah iklan-iklan yang terdapat di Majalah Cosmo Girl! dan Seventeen selama tahun 2004. Sample dalam penelitian ini adalah iklan-iklan produk beauty, fashion, dan food and drinks di Majalah Cosmo Girl! dan Seventeen selama tahun 2004, pengambilan sample dilakukan secara total sampling. Unit analisis yang digunakan adalah item produk dan fisik. Pengumpulan data, secara primer dan sekunder. Data primer adalah iklan produk yang menjadi obyek penelitian pada kedua majalah dan data sekunder adalah bahan-bahan pustaka. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan Formula Levins. Hasil penelitian menunjukkan, perbandingan antara iklan produk beauty, fashion, dan food and drinks di Majalah Cosmo Girl! dan Seventeen selama tahun 2004 adalah : untuk iklan produk beauty Majalah Cosmo Girl! memperoleh iklan sebanyak 104 item sedangkan Majalah Seventeen sebanyak 40 item, untuk iklan produk fashion Majalah Cosmo Girl! memperoleh iklan sebanyak 85 item sedangkan Majalah Seventeen sebanyak 32 item, untuk iklan produk food and drinks Majalah Cosmo Girl! memperoleh iklan sebanyak 6 item sedangkan Majalah Seventeen sebanyak 5 item. Niche Breadth iklan produk beauty, fashion, dan food and drinks pada Majalah Cosmo Girl! dan Seventeen selama tahun 2004 adalah 1,66438 dan 2,05186 dan ini mengindikasikan Majalah Seventeen lebih bersifat generalis dalam mencari sumber penghidupannya. Tingkat kompetisi atau Niche Overlap antara Majalah Cosmo Girl! dan Seventeen dalam memperebutkan iklan produk beauty, fashion, dan food and drinks selama tahun 2004 menghasilkan angka 0,03198341, sehingga mengindikasikan tingkat persaingan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 32/06 Pra k
Uncontrolled Keywords: COMPETITIONS; ADVERTISISNG MEDIA PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RAYENDRA PRADIPTA, 079915980UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLiestyaningsih D, Dra., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Dec 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17373
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item