DIMENSI KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA: Studi Deskripstif Tentang Dimensi Kualitas Layanan Jurnal Elektronik (Ejournal) Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Astri Iga, 071116072 (2015) DIMENSI KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA: Studi Deskripstif Tentang Dimensi Kualitas Layanan Jurnal Elektronik (Ejournal) Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-igaastri-38176-8.abstr-k.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17693.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu lembaga non profit dimana bertugas sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak informasi yang disajikan oleh perpustakaan, salah satunya ialah e-journal (jurnal elektronik). Ejournal merupakan publikasi yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan serta penelitian yang memiliki interval jangka waktu terbit berkesinambungan yang dikemas dalam bentuk digitalisasi. Disini perpustakaan tidak hanya sekedar menyajikan sebuah informasi saja, melainkan juga memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas agar pengguna merasa senang dan nyaman sehingga pengguna akan datang kembali untuk mengunjungi perpustakaan. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui dan menggambarkan mengenai kualitas layanan e-journal di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan lima dimensi kualitas layanan yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1998) yaitu Bukti fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang menggunakan layanan e-journal di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling yaitu menggunakan sampel yang diambil atas beberapa kriteria atau pertimbangan tertentu. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabelnya menggunakan skala Likert dengan empat skala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan e-journal di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu sebesar 2,86 yang dikategorikan baik. Berdasarkan hal tersebut, maka perpustakaan masih perlu meningkatkan kualitas pelayanannya terutama dari aspek Assurance (Jaminan) dimana sebanyak 52% responden menilai koleksi e-journal yang disediakan oleh perpustakaan masih kurang sesuai dengan keinginan/kebutuhan pengguna sehingga perlu ditambahkan ejournal baru yang sesuai dengan keinginian/kebutuhan pemustaka. Translation: Library is a non profit organization which served as a provider of information needed by the people. Much of informations presented by the library, one of them is an e-journal (electronic journal). E-journal is a publication that discusses a wide variety of science educations and researches which have published a continuous interval period are packaged in the form of digitization. Here, the library does not just present an information, but also provide good service and quality to make people feel happy and comfortable so the users will come back to visit the library. In this study, researcher wanted to know and describe the quality of the e-journal in library UIN Sunan Kalijaga using five dimensions of service quality proposed by Parasuraman, Zeithaml, and Berry (1998), namely tangible, reliability, responsiveness, assurance and Empathy. This study uses descriptive quantitative research. The population in this study were students UIN Sunan Kalijaga with a total sample of 100 people who use e-journal in the Library UIN Sunan Kalidjaga Yogyakarta. Sampling using purposive sampling that is using samples taken on some specific criteria or considerations. Data was collected using questionnaires, observation and documentation. Measurement variables using a Likert scale with four scale. These results indicate that the quality of service e-journal in the Library UIN Sunan Kalijaga that is equal to 2.86 are considered good. Based on this, the library still needs to improve the quality of its services, especially from the aspect of Assurance (Security) where as many as 52% of respondents rate the e-journal collections provided by the library are still not in accordance with the wishes / needs of users so it is necessary to add a new e-journal in accordance with wants / needs librarian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP. 39/15 Iga d
Uncontrolled Keywords: ACADEMIC LIBRARIES; CONSUMER SATISFACTION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Astri Iga, 071116072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si.,M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 03 Sep 2015 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item