PENYUSUNAN AUDIT PROGRAM UNTUK PENGENDALIAN APLIKASI PADA MODUL HUMAN RESOURCES DALAM SISTEM TERINTEGRASI (STUDI KASUS PADA PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA LEARNING EVENT AREA V JAWA TIMUR)

BAGUS SATRIAWAN WAHJU UTOMO, 081016051 (2015) PENYUSUNAN AUDIT PROGRAM UNTUK PENGENDALIAN APLIKASI PADA MODUL HUMAN RESOURCES DALAM SISTEM TERINTEGRASI (STUDI KASUS PADA PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA LEARNING EVENT AREA V JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-utomobagus-36536-7.abstr-k.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
ST. SI. 19-15 Uto P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan mengandalkan teknologi informasi sebagai tulang punggung operasional perusahaan, aplikasi yang terlibat didalamnya harus benar-benar dapat diandalkan dan tidak terdapat kesalahan ketika digunakan. Untuk mencapai hal tersebut, perlu adanya pengendalian aplikasi. Namun, pengendalian aplikasi memerlukan pedoman agar kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan awal sehingga aplikasi berfungsi secara efektif dan efisien. Pedoman tersebut dapat berupa audit program yang berisi prosedur untuk melakukan pengendalian yang akan dijalankan. Audit program disusun dengan menggunakan kerangka utama yang dikemukakan oleh Bellino dan Hunt. Selanjutnya, audit program disesuaikan dengan fungsional human resources (HR) sebagai studi kasus. Fungsional HR yang digunakan adalah rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, kompensasi dan evaluasi kinerja. Untuk memastikan audit program dapat digunakan secara umum, dilakukan pengujian menggunakan 1 fitur pada portal internal PT.Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai studi kasus. Portal internal Telkom memiliki beberapa fitur yang digunakan untuk menjalankan operasional HR. Fitur-fitur yang ada akan dipilih melalui proses perhitungan nilai resiko dengan melakukan penilaian resiko. Selanjutnya, uji coba dilakukan dengan menyesuaikan possible test yang ada pada audit program menjadi actual test. Hal tersebut dilakukan karena audit program yang disusun bersifat umum, sedangkan aplikasi ataupun fitur yang digunakan oleh tiap perusahaan bersifat khusus yang memiliki latar belakang tersendiri. Fitur SPPD Training pada portal internal Telkom dipilih sebagai studi kasus untuk audit program karena memiliki nilai resiko tertinggi dengan nilai 455,625. Hasil uji coba menunjukkan bahwa fitur SPPD Training telah berjalan secara baik dengan memenuhi semua actual test yang ada pada audit program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. SI. 19/15 Uto p
Uncontrolled Keywords: HUMAN CAPITAL; PROGRAMME AUDIT; INTEGRATED SYSTEM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS SATRIAWAN WAHJU UTOMO, 081016051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
ContributorEva Hariyanti, S.Si, MTUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 06:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item