PENGARUH PSIKOEDUKASI TENTANG PENGETAHUAN ADHD TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI MASALAH ADHD PADA SISWA DAN KETERAMPILAN INTERVENSI KELAS DI SEKOLAH DASAR X

ANA, KARUNIA (2015) PENGARUH PSIKOEDUKASI TENTANG PENGETAHUAN ADHD TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI MASALAH ADHD PADA SISWA DAN KETERAMPILAN INTERVENSI KELAS DI SEKOLAH DASAR X. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-karuniaana-42219-7.-abstr-k.pdf

Download (606kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kemampuan guru dalam melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok subjek, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru SD Santo Carolus Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Evaluasi Kemampuan Deteksi Dini ADHD dan Evaluasi Keterampilan Intervensi Kelas. Analisis data menggunakan independent sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 for windows untuk mengetahui perbedaan dua buah mean pada dua kelompok sampel yang independen. Hasil penelitian ini adalah psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa (0,000 #8804; 0,05). Penelitian ini juga membuktikan bahwa psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan guru melakukan intervensi kelas (0,000 #8804; 0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah isi psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD yang menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan tentang ADHD, peningkatan kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD, dan peningkatkan keterampilan intervensi kelas terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan intervensi kelas guru sekolah dasar X.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi. 01-15 Kar p
Uncontrolled Keywords: Psychoeducation, ADHD knowledge, early detection skills of ADHD, classroom intervention skills, elementary school teachers
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANA, KARUNIAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIka Yuniar Cahyanti,, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 30 Oct 2016 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item