Ana Karunia (2015) Pengaruh Psikoedukasi Tentang Pengetahuan Adhd Terhadap Kemampuan Guru Dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah Adhd Pada Siswa Dan Keterampilan Intervensi Kelas Di Sekolah Dasar X. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (682kB) |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN)
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (592kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (596kB) |
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (604kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
5. DAFTAR ISI.pdf Download (604kB) |
|
Text (BAB I)
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (622kB) |
|
Text (BAB II)
7. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
9. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
10. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (605kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kemampuan guru dalam melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok subjek, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru SD Santo Carolus Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Evaluasi Kemampuan Deteksi Dini ADHD dan Evaluasi Keterampilan Intervensi Kelas. Analisis data menggunakan independent sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 for windows untuk mengetahui perbedaan dua buah mean pada dua kelompok sampel yang independen. Hasil penelitian ini adalah psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa (0,000 #8804; 0,05). Penelitian ini juga membuktikan bahwa psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan guru melakukan intervensi kelas (0,000 #8804; 0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah isi psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD yang menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan tentang ADHD, peningkatan kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD, dan peningkatkan keterampilan intervensi kelas terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan intervensi kelas guru sekolah dasar X.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPsi. 01-15 Kar p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Psychoeducation, ADHD knowledge, early detection skills of ADHD, classroom intervention skills, elementary school teachers | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Aimmatul Mukaromah | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 21 May 2020 14:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33791 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |