DESAIN TAHAPAN PERUBAHAN ORGANISASI DI PERUSAHAAN X: STUDI KASUS DI PERUSAHAAN FARMASI "X" DI PANDAAN INDONESIA

Frita Yanuar Agriani, 041314353051 (2015) DESAIN TAHAPAN PERUBAHAN ORGANISASI DI PERUSAHAAN X: STUDI KASUS DI PERUSAHAAN FARMASI "X" DI PANDAAN INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-agrianifri-39802-8.abstr-k.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis dan tuntutan perubahan yang semakin kuat dan cepat, maka fleksibilitas dan inovasi adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh semua bisnis dan oleh orang-orang di dalam organisasi yang menjalankan bisnis. Salah satu strategi yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk bisa lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya terhadap kompetitor adalah dengan memperbesar jaringan perusahaannya dengan melakukan merger dan akuisisi. Salah satu industri yang berkembang cukup pesat adalah di sektor Farmasi. Perusahaan X sebagai salah satu perusahaan multinasional yang menggunakan strategi tersebut untuk dapat berkompetisi. Perusahaan X melakukan akuisis terhadap perusahaan Y yang ada di Pandaan, Indonesia. Dengan adanya proses akuisisi tersebut, mengakibatkan adanya perubahan yang signifikan dari segi struktur organisasi, gaya kepemimpinan, dan budaya kerja. Adanya perubahan yang signifikan sedikit menimbulkan resistensi di kalangan karyawan, baik itu dari segi cara implementasi perubahan organisasi yang diterapkan oleh perusahaan maupun dari segi budaya kerjanya. Hal ini tampak dari beberapa data turn over personel yang mulai meningkat setelah terjadinya akuisisi dan terdapat beberapa masalah produktivitas di awal perubahan organisasi. Dalam penelitian ini menjelaskan tentang metode perubahan organisasi yang terjadi pada perusahaan X dengan dibandingkan terhadap teori Kotter "Eight Steps to Transforming Organization", yaitu yang terdiri dari: Establish a sense of urgency, Form a powerful guiding coalition, Create a vision, Communicate the Vision, Empower Others to Act on the Vision, Plan for and Create Short-Term Wins, Consolidate Improvements and Produce More Change, dan Institutionalize New Approaches. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melalui observasi, wawancara, dan melakukan review terhadap dokumen internal perusahaan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan perubahan organisasi yang dilakukan oleh perusahaan tidak sesuai dengan teori Kotter sehingga perubahan organisasi kurang efektif dan kurang dapat diterima dengan cepat oleh karyawan. Tahapan yang tidak sesuai tersebut antara lain adalah Establish a sense of urgency, Form a powerful guiding coalition, Create a vision, Communicate the Vision, Empower Others to Act on the Vision, dan Institutionalize New Approaches. Perubahan ini masih terus berkelanjutan dan masih perlu dilakukan monitoring secara periodik untuk melihat dan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 94/15 Ang d
Uncontrolled Keywords: Acquisition, Organizational change, Kotter, Pharmaceutical Companys
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Frita Yanuar Agriani, 041314353051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNURI HERACHWATI, Dra. Ec. Msi., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 24 Oct 2016 23:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33946
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item