Ferdian Hendrasto (2015) Peran Dinamika Lingkungan, Kepercayaan Dan Afeksi Dalam Membangun Loyalitas Anggota Komunitas Modifikasi Video Games Online. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (687kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (551kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3 RERANGKA KONSEPTUAL.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB 5 ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (926kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
9. BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Komunitas merek dapat menjadi aset yang berharga bagi perusahaan. Dalam sebuah komunitas, pelanggan dapat berbagi pengalaman, memberi masukan bagi perusahaan dalam mengembangkan produknya atau turut serta dalam proses pengembangan produk. Namun untuk membuat pelanggan mau untuk turut serta dalam proses pengembangan produk, perusahaan harus memahami faktor apa yang dapat mendorong pelanggan untuk turut serta dalam proses pengembangan produk yang dapat menyita waktu dan tenaga dari sisi pelanggan itu sendiri. Dalam lingkup komunitas merek berbasis online, salah satu faktor yang menentukan adalah lingkungan komunitas online itu sendiri. Persepsi pelanggan terhadap lingkungan komunitas online ini akan menjadi faktor penentu tumbuh atau tidaknya kepercayaan dan afeksi pada diri pelanggan. Pada akhirnya kepercayaan dan afeksi inilah yang dapat mendorong timbulnya loyalitas pada sisi pelanggan. Pelanggan yang loyal akan cenderung lebih bersedia untuk turut serta dalam proses pengembangan produk, walaupun untuk turut serta dalam proses ini mereka haruas menginvestasikan tenaga, waktu bahkan uang mereka. Penelitian ini dilakukan dalam lingkup komunitas online yang fokus pada pengembangan modifikasi video games. Dimana anggotanya dapat memodifikasi video games sehingga mereka turut serta dalam menyediakan nilai tambah baik bagi komunitas maupun bagi pemain video games tersebut secara luas. hipotesis yang ada diuji dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Penelitian ini menemukan bahwa lingkungan komunitas online berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan dan afeksi, dan kedua variabel ini juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSM.49-15 Hen p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Online Community Environment, Trust to Community, Affection to Community, Loyalty, Brand Community, Video Games.s | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Deby Felnia | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 19 Feb 2020 07:41 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33987 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |