ANALISIS PENGARUH ELEMEN-ELEMEN IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE ROKOK SAMPOERNA A MILD PADA PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA

Ariani, Cholida, NIM. 040114046 (2008) ANALISIS PENGARUH ELEMEN-ELEMEN IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE ROKOK SAMPOERNA A MILD PADA PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-arianichol-8814-b13508-k.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4477.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Judul penelitian adalah "Analisis Pengaruh Elemen-elemen Iklan terhadap Brand Image Rokok Sampoerna A Mild pada Pemirsa Televisi di Surabaya". Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui secara signifikan pengaruh elemen-elemen iklan yang terdiri dari pictures, spoken words (sound), written words, music, colour, dan movement secara bersama-sama terhadap brand image Sampoerna A Mild pada pemirsa televisi di Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif, menggunakan data primer yang diperoleh melalui pengedaran kuesioner pada 100 responden yang merokok dan pernah melihat iklan rokok Sampoerna A Mild episode "Belum Tua Belum Boleh Bicara" lebih dari satu kali di media TV yang ada di Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan gabungan antara purposive sampling dan incidental sampling. Model analisis yang digunakan adalah koefisien determinasi berganda, koefisien korelasi berganda, regresi linier berganda, koefisien determinasi parsial, uji F, uji t, dan uji dominan. Data atas 100 jawaban responden dianalisis dengan menggunakan analisis linier berganda kemudian diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = 0,297 + 0,109 X1 + 0,170 X2 + 0,207 X3 + 0,179 X4 + 0,145 X5 + 0,126 X6 Dan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Adanya pengaruh bersama-sama variabel elemen iklan yang terdiri dari pictures (X1), spoken words or sound (X2), written words (X3), music (X4), colour (X5) dan movement (X6) sebesar 76,3 % terhadap brand image. Sehingga hipotesis penelitian diterima kebenarannya. (2) Seluruh variabel bebas yang diteliti yang terdiri dari pictures (X1), spoken words or sound (X2), written words (X3), music (X4), colour (X5) dan movement (X6) berpengaruh secara parsial terhadap brand image karena seluruh variabel bebas mempunyai nilai signifikansi t hitung lebih kecil dari 0,05. (3) Nilai beta terbesar adalah pada variabel written words dengan nilai beta 0,271. Ini membuktikan bahwa written words mempunyai pengaruh dominan terhadap brand image rokok Sampoerna A Mild.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 135/08 Ari a
Uncontrolled Keywords: TRADE MARKS; CONSUMERS � ATTITUDES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Ariani, Cholida, NIM. 040114046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndrianawati Usman, Dr. Hj., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 24 Feb 2009 12:00
Last Modified: 10 Jul 2017 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4477
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item