HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS PACAR KELING SURABAYA

RIZKY ZULFIA RAHMA, 131111059 (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS PACAR KELING SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 121_16 Rah h ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 121_16 Rah h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kankerpayudaramerupakansalahsatupenyakittidakmenularhinggasaatinimasihmenjadimasalahkesehatan di duniamaupun di Indonesia.Salah satudampakpsikologis yang dialamipasienkanker payudara adalahkecemasan. Apabilapasienmerasakan cemas yang berlebihan kanberdampakburukbagikondisipasienbahkandapatmempersingkathiduppasienkankerpayudara.Dukungankeluargamembuat penderita kanker merasa dicintai, diperhatikan, dan disayangi sehingga penderita kanker dapatpatuh dalammenjalani pengobatan sehingga dapat menurunkan tingkat kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan kecemasan pada pasien kanker payudara di Puskesmas Pacar Keling Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien kanker payudara yang terdata di Puskesmas Pacar Keling Surabaya. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 13 responden yang ditentukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel dependen yang diukur adalah dukungan keluarga pada pasien kanker payudara. Variabel independen yang diukur adalah kecemasan pada pasien kanker payudara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi non parametrik (Spearman rho) dengan nilai signifikansi α≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p=0,000 dan r=-0,86. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pada pasien kanker payudara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dukungan keluarga mempengaruhi kecemasan pada pasien kanker payudara. Semakin tinggi dukungan keluarga yang diberikan semakin rendah kecemasan yang dialami oleh pasien. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan melibatkan jumlah responden yang lebih besar dan menggunakan instrumen pengukuran yang lebih akurat serta variabel yang lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP. N. 121-16 Rah h
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, dukungan keluarga, kecemasan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY ZULFIA RAHMA, 131111059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEsti Yunitasari, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
ContributorTiyas Kusumaningrum, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 05 Dec 2016 23:59
Last Modified: 05 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item