PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENGOBATAN MDT PADA PENDERITA KUSTA DI DESA OMBEN KECAMATAN OMBEN KABUPATEN SAMPANG

Indra Septian Mauludhani Putra, 131111095 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENGOBATAN MDT PADA PENDERITA KUSTA DI DESA OMBEN KECAMATAN OMBEN KABUPATEN SAMPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP. N. 127_16 Put .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kusta adalah suatu penyakit menular, menahun dan disebabkan oleh kuman kusta (Mycrobacterium leprae) yang menyerang saraf tepi, kulit dan jaringan tubuh lainnya kecuali susunan saraf pusat. Kecamatan Omben memilki penderita kusta dengan kasus drop out karena ketidakpatuhan dalam pengobatan MDT sebanyak 17 orang atau 44,8% dari total penderita kusta sebanyak 38 orang. 30% penderita kusta di Desa Omben tidak paham tentang obat MDT yang diminum, 50% tidak yakin obat yang diminum akan menyembuhkan penyakitnya dan 100% sedang tidak teratur dalam menjalani pengobatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan pengobatan MDT pada penderita kusta di Desa Omben Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-post test design. Pengambilan sampel sebanyak 17 orang dengan menggunakan total sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah pendidikan kesehatan menggunakan media booklet, sedangkan variabel dependen adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan pengobatan MDT pada penderita kusta. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengisi kuesioner dan lembar observasi tindakan. Analisa data menggunakan wilcoxon signed ranks test dengan nilai signifikan p<0,05. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan pada variabel pengetahuan (p=0,000) dan sikap menunjukkan p=0,000 serta p=0,000 variabel tindakan responden terhadap pengobatan MDT. Hasil tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media booklet terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan pengobatan MDT pada penderita kusta di Desa Omben Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode lain seperti kelompok kontrol untuk lebih memastikan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media booklet dapat mencakup faktor lain seperti faktor predisposisi, penguat dan faktor pendorong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 127-16 Put p
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, booklet, pengetahuan, sikap, tindakan, kusta, pengobatan MDT
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Indra Septian Mauludhani Putra, 131111095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIka Yuni Widyawati, M.Kep.,Ns., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
ContributorLaily Hidayati, S.Kep.,Ns M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Dec 2016 21:17
Last Modified: 25 Mar 2018 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48519
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item