DESKRIPSI UJARAN PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI GEREJA JKI BUKIT ZIO DAN SEKOLAH KHUSUS HARAPAN BUNDA SURABAYA

MERRY M. SUWU (2004) DESKRIPSI UJARAN PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI GEREJA JKI BUKIT ZIO DAN SEKOLAH KHUSUS HARAPAN BUNDA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (729kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (718kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (623kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II DESKRIPSI ANAK PENYANDANG AUTIS DAN ANAK BUKAN PENYANDANG AUTIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III DESKRISI UJARAN ANAK PENYANDANG AUTIS DAN ANAK BUKAN PENYANDANG AUTIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (685kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi in! bertujuan untuk mengetahui gambaran deskripsi luaran pada anak-anak usia 3-6 tahun yang berada di gereja JKI l3ukit Zion dan sekolah khuSllS Harapan Bunda Surabaya. yang dikhususkan pada anak-anak yang bukan pcnyandang autis dan anak-anak penyandang aulis agar dapal diperoleh gambaran deskripsi uJarannya. Penelitian seeara cross sectional ini membagi anak penyandang aulis dan anak bukan penyandang autis berdasarkan tingkatan umur Penelitian ini membahas seeara deskripstif kemampuan bcrbicara dengan membagi katagori kemampuan menjadi dua kelompok yaitu kemampuan berbicara dengan penamaan (termasuk di dalarnnya kemampuan membaca sendiri) dan kcmampuan bcrbicara dengan pemaneingan (elisitasi) atau repetisi. Kemampuan berbicara dengan pemancingan dan repetisi merupakan katagori kemampuan bieara dengan bantuan. Pembagian ini digunakan untuk membandingkan antam kemampuan bieara anak penyandang autls dengan anak bukan penyandang autis. Membandingkan kemampuan berbicara \ dengan melihat ujaran-ujaran dalam bcntuk tabel-tabel (tabel I sampai dengan tabel 13). Analisis diJanjutkan dengan memaparkan fonem yang sulit diucapkan yaitu fonem-fonem yang ditentukan pada tiap-tiap kata. Meskipun anak bukan penyandang autis tidak mengalami cacat mental atau gangguan dalarn perkembangan komunikasinya, mereka ternyata juga mengalami kesulitan yang sarna dengan anak-anakjcnyandang autis dalam mengucapkan fonem tertentu yaitu fonem I kh I dan I I. Anak penyandang autlS mengalami kesulitan dalam mengucapkan fonem-fonem baik foncm konsonan maupun fonem vokal. Kemampuan bicara anak penyandang autis dan anak bukan penyandang autis terlihat dari hasil analisis yang menunjllkkan adanya perbedaan kemampuan bicara dari deskripsi ujaran diantara keduanya. Akan tetapi, bukan berarti anak penyandang autis tidak bisa berkomllnikasi melainkan mereka letap berkomunikasi dengan caranya sendiri. Anak penyandang aulis lebih membutuhkan Jatihan bieara yang lebih lama daripada anak-anak bukan penyandang autis. Hasil penelitian merupakan gamharan mengenai deskripsi ujuran anakanak buakn penyandang autis di gereja JKI Bukit Zion dan anak-anak penyandang autis di sekolah khusus IcIarapall Bunda Surabaya yang bemsia 3-6 lahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AUTISM IN CHILDREN, LINGUISTICS IN LITERATURE
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics(General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
MERRY M. SUWUNIM120010212
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan SartiniNIDN0008116307
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 07 Dec 2016 00:19
Last Modified: 14 Nov 2023 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48572
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item