PERENCANAAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA TOYOTA AGYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

GHANI PRINGGO DIBTAPUTRA, 041012223 (2015) PERENCANAAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA TOYOTA AGYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-dibtaputra-38874-5.abstr-k.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder29.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan industri mobil ramah lingkungan atau biasa disebut dengan LCGC (Low Cost Green Car) terus mengalami penjualan yang pesat dan menjadi primadona seiring dengan harga minyak dunia yang tidak stabil membuat konsumen mobil mulai mengalihkan pilihanya kepada mobil ramah lingkungan. Saat ini pasar kelas LCGC di pimpin oleh Toyota Agya, untuk tetap mempertahankan pasar diperlukan adanya inovasi produk secara berkala berdasarkan keinginan dari konsumen. Untuk dapat melakukan inovasi produk penelitian untuk mengetahui inovasi produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini menentukan prioritas kepentingan atribute & level dari produk inovasi yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu penelitian ini juga meneliti keinginan konsumen untuk membeli produk Toyota Agya dan menentukan segmentasi yang akan dituju. Dalam Penelitian ini, akan menggunakan metode Conjoint Analysis, Uji Regresi Linier dan Cluster Analysis. pemilihan atribut & level yang diminati menggunakan stimuli varian dari Orthogonal Plan dan diuji menggunakan metode Conjoint Analysis yang berfungsi untuk mengetahui kepentingan dan variasi kombinasi yang diminati oleh konsumen, sedangkan uji regresi linier digunakan untuk mengetahui variasi kombinasi yang mempengaruhi niat pembelian. Dan uji cluster analysis digunakan untuk mengetahui kepentingan atribut berdasarkan segmen. Berdasarkan analisis yang diperoleh dengan menggunakan metode Conjoint Analysis diketahui atribut & level yang paling diminati adalah atribut power dengan level low, atribut Head Lamp dengan level square, atribut Front Grill dengan level Ellegance, atribute fuel efficience dengan level high dan atribut Passenger capacity dengan level low. Sedangkan berdasarkan hasil regresi didapatkan hasil variasi kombinasi yang berpengaruh terhadap niat pembelian adalah variasi kombinasi ke-14. Dan hasil dari uji cluster didapatkan hasil kepentingan atribut pada cluster 1 adalah atribut dengan urutan head lamp, passenger capacity, fuel efficience, front grill dan power. Sedangkan hasil pada cluster 2 adalah kepentingan atribut dengan urutan head lamp, front grill power passenger capacity dan fuel efficience

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 254/15 Dib p
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GHANI PRINGGO DIBTAPUTRA, 041012223UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorY. LILIK RUDIANTO, Drs. MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 23:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item