PEMILIHAN CHEMICAL DI DEPARTMEN HOUSEKEEPING (Studi deskripsi tentang pemilihan chemical di Departmen housekeeping Di Artotel Surabaya)

WILSA SAHARI, 071310213011 (2017) PEMILIHAN CHEMICAL DI DEPARTMEN HOUSEKEEPING (Studi deskripsi tentang pemilihan chemical di Departmen housekeeping Di Artotel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.54 17 Sah p.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.54 17 Sah p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Hotel Artotel Surabaya ini betujuan untuk mengetahui SOP pemilihan chemical dan faktor-faktor yang menjadi dasar dalam memilih bahan baku chemical yang dihadapi departemen housekeeping, yaitu bagaimana cara dari executive housekeeping, supervisor, dan staff yang bekerja untuk penentuan bahan baku chemical. Hal ini digunakan sebagai salah satu upaya dari pihak hotel dalam meningkatkan kualitas kebersihan, dan pelayanan terhadap konsumen hotel. Dalam menyelesaikan permasalahan ini dan memperoleh gambaran solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan fenomena dan hubungan antar fenomenan yang diteliti secara sistematis, aktual, dan akurat. Pada tugas akhir ini peneliti membatasi penilitan ini sebatas bagaimana memilih bahan baku chemical dan peran dari housekeeping. Penelitian ini menggunakan analisis POAC, yaitu dilihat dari planning, organizing, actuating, dan controlling. Analisis kedua yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis tentang pengambilan keputusan, yaitu didasarkan pada pengambilan keputusan berdasarkan intuisi, rasional, dan fakta. Pemilihan lokasi penelitian di Hotel Artotel Surabaya dilakukan dengan dasar peneliti pernah melaksanakan kerja praktek pada bagian housekeeping di Hotel Artotel Surabaya. Untuk memperoleh data dari lapangan, peneliti turut serta terjun pada obyek penelitian dengan didukung sumber-sumber dari studi kepustakaan dan berbagai wawancara terhadap orang-orang yang terkait objek penelitian. Penentuan informan deiperoleh melalui orang-orang yang masih terlibat secara penuh pada objek penelitian atau sebagai karyawan pada departemen housekeeping. Setelah proses diatas dipaparkan, kemudian data yang diperoleh akan diuraikan dan di analisis dengan tujuan akhir untuk memperoleh solusi terbaik yang dapat dilakukan oleh Hotel Artotel Surabaya dalam peningkatan kebersihan dan juga pelayanan hotel.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.54/17 Sah p
Uncontrolled Keywords: pemilihan, chemical, hotel
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
WILSA SAHARI, 071310213011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2017 17:11
Last Modified: 16 Nov 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item