Pemanfaatan Layanan E-Library di Perpustakaan Universitas Airlangga pada Kalangan Dosen

Candra Febryna Anggraini, 071411633001 (2018) Pemanfaatan Layanan E-Library di Perpustakaan Universitas Airlangga pada Kalangan Dosen. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.31 18 Ang p.PDF

Download (78kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.31 18 Ang p.PDF
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.31 18 Ang p.PDF

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan wawasan civitas akademik yang berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan oleh perpustakaan adalah dengan cara menciptakan suatu layanan online yang dinamakan layanan E-Library sebagai sarana utnuk mendapatkan informasi dan referensi dalam hal menciptakan penulisan karya ilmiah. Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu Untuk mengetahui gambaraa pemanfaatan layanan e-library dikalangan dosen Universitas Airlangga, yang mencakup alasan (reason), interaksi (interaction), dan hasil (result). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah dosen Universitas Airlangga yang terdiri dari dosen Kampus A, Kampus B, dan Kampus C. Berdasarkan data dari hasil observasi pada perpustakaan Universitas Airlangga daftar dosen yang menggunakan layanan e-library hanya sebanyak 30 orang. Metode penarikan sampel menggunak teknik multistage random sampling dengan sampel penelitian ini adalah 100 orang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Nilai Use–Oriented yang dikembangkan oleh Tefko Saracevic & Paul B yang mencakup R-I-R (Reason- Interaction-Result). Hasil dari penelitian ini menggambarkan mengenai alasan dari pengguna dalam memanfaatkan layanan e-library dimana alasan tersebut terdiri dari alasan pribadi, penilaian ketersediaan, dan kemudahan saat menggunakan serta hasil setelah memanfaatkan layanan tersebut baik berupa tanggapan postitif maupun negatif. Alasan pengguna dalam memanfaatan layanan tersebut sebagian besar adalah untuk sarana pencarian jurnal. Sedangkan dalam hal interaksi pengguna rasakan sebagian besar mendapatkan kemudahan mencari informasi serta petugas yaitu pustakawan sangat membantu dalam hal memberikan arahan dan bantuan berupa kejelasan infromasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.31/18 Ang p
Uncontrolled Keywords: E-Library, Layanan, Teori Nilai Use-Oriented (R-I-R)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Candra Febryna Anggraini, 071411633001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMeinia Prayesti Kurniasari, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 08:42
Last Modified: 16 Oct 2018 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item