ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN ATAS SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN "SRI" PANDAAN

SANNU PRATOMO, 040113653 E (2006) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN ATAS SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN "SRI" PANDAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-pratomosan-2868-b16206-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7668.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada awalnya perkembangan pemasaran berkenaan dengan produk nyata atau produk fisik, seperti pasta gigi, mobil dan peralatan. Namun, saat ini perkembangan yang terjadi pada industri jasa tumbuh sangat pesat. Bisnis rumah makan merupakan salah satu bagian dari sektor jasa, yang berfokus pada pelayanan, kandungan fisik dan kepuasan pelanggan. Para pelanggan rumah makan tidak menilai kualitas jasa hanya dari segi kualitas teknis (kualitas makanan), tetapi juga dari kualitas fungsional (dimana jasa diprosesan dan dihantaran). Lingkungan dimana jasa diproses dan dihantarkan disebut servicescape. Dalam kasus-kasus seperti ini, kualitas yang dirasakan dari servicescape dapat memainkan sebuah peran penting dalam menentukan apakah para konsumen puas atau tidak, yang pada gilirannya mempengaruhi berapa lama mereka ingin tinggal dalam rumah makan dan seberapa sering mereka akan kembali. Bagaimanapun bisnis tanpa pelanggan tidak dapat berlangsung, maka perlu upaya memberikan kepuasan para pelanggan. Memuaskan pelanggan merupakan prioritas dari kebanyakan bisnis. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan atas servicescape yang terdiri dari: fasilitas eksterior, fasilitas interior, dan tangible-tangible lain terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Sri Pandaan. Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda dengan variabel tergantung kepuasan pelanggan. Populasi sasaran yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pelanggan Rumah Makan Sri Pandaan. Penarikan sampel dilakukan melalui non probability sampling, dan yang menjadi anggota sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Usia sampel yang dipilih adalah minimal berusia 16 tahun ke atas. Sedangkan jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden yang sedang mengunjungi Rumah Makan Sri Pandaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,820. Nilai tersebut mendekati angka 1, sehingga dapat dinyatakan bahwa hubungan antara variabel-variabel servicescape secara simultan terhadap kepuasan pelanggan sangat erat dan positif atau searah dan secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 b 162/06 Pra a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SANNU PRATOMO, 040113653 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Indrianawati Usman, Dr., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 16 Nov 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item