EFEKTIVITAS SURABAYA SINGLE WINDOW UPTSA KOTA SURABAYA DALAM PELAYANAN PERDAGANGAN, PERINDUSTRIAN, DAN PENANAMAN MODAL

Thomy Tri Utomo, 071211133058 (2019) EFEKTIVITAS SURABAYA SINGLE WINDOW UPTSA KOTA SURABAYA DALAM PELAYANAN PERDAGANGAN, PERINDUSTRIAN, DAN PENANAMAN MODAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.13 19 Uto e.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.13 19 Uto e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan publik menjadi hal yang sangat strategis karena menjadi suatu arena interaksi antara pemerintah selaku penyelenggara negara dengan masyarakat. Namun seiring perkembangan zaman, teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi semakin maju, sehingga pemerintah dituntut untuk dapat mengikuti adanya perkembangan teknologi tersebut, tak terkecuali juga dalam hal pelayanan publik. e-Government merupakan sebuah bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan fungsi pemerintahan secara efektif. Salah satu bentuk dari penggunaan e-Government ini yaitu program Surabaya Single Window yang dipunyai oleh Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas penggunaan e- Government pada program Surabaya Single Window dalam pemberian pelayanan di bidang perdagangan, perindustrian, dan pelayanan modal UPTSA Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan lokasi penelitian ini di UPTSA Kota Surabaya dengan jumlah informan sebelas orang yang terdiri dari empat orang dari pihak internal UPTSA serta tujuh orang dari pihak eksternal yaitu masyarakat pengguna dari SSW tersebut. Teknik penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan penggunaan dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa e-Government pada program Surabaya Single Window sudah dapat dikatakan efektif, namun ada kekurangan penilaian efektivitas yang masih ditunjukkan di beberapa aspek yaitu pada website Surabaya Single window yang dirasa kurang memadai untuk pilihan opsi serta sistem yang dianggap kurang ramah untuk pengguna sehingga mengakibatkan kebingungan oleh pengguna. Dan kewenangan yang didapatkan oleh UPTSA kurang sehingga untuk penanganan berkas tidak bisa langsung ditangani dan diawasi namun harus melalui Dinas Penanaman Modal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.13/19 Uto e
Uncontrolled Keywords: e-Government, Surabaya Single Window, efektivitas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Thomy Tri Utomo, 071211133058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Apr 2019 11:55
Last Modified: 18 Dec 2019 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82107
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item